Sukses

Gubernur Khofifah Sebut Konektivitas Faktor Utama Pengembangan Wisata di Pacitan

Menurut Khofifah dengan meningkatkan sinergi dan kolaborasi akan menjadi bagian penting untuk kemajuan Kabuaten Pacitan Jawa Timur

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa optimis Kabupaten Pacitan mampu mengembangkan konektivitas khususnya di sektor pariwisata.

Khofifah mengatakan, potensi wisata di Pacitan ini harus didukung dengan konektivitas dengan berbagai daerah di sekitarnya, termasuk dengan provinsi lain, yakni Jawa Tengah maupun Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Konektivitas ini menjadi penting, termasuk dengan daerah Mataraman lain. Jadi keindahan Pacitan, luar biasanya pesona wisata di Pacitan ini, saya rasa membutuhkan proses konektivitas dan publisitas lebih luas lagi, sehingga wisatawan, baik domestik maupun luar negeri, bisa menikmati indahnya pesona wisata Pacitan," ujar di dilansir Antara, Sabtu (20/2/2022).

Oleh karena itu, dia mengajak seluruh elemen di Kabupaten Pacitan untuk menjadikan momentum Hari Jadi ke-277 kabupaten itu sebagai semangat dan optimisme untuk terus maju dan bangkit.

Menurut dia, dengan meningkatkan sinergi dan kolaborasi akan menjadi bagian penting untuk kemajuan Kabuaten Pacitan Jawa Timur. Menurut dia, Pacitan punya potensi di sektor pariwisata.

Dia menjelaskan, membangun konektivitas wisata di Pacitan tidak hanya menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah kabupaten, namun juga Provinsi Jatim. Terutama, kata dia, dengan para pelaku usaha yang bergerak di bidang agensi wisata.

"Apakah dengan Jawa Tengah dan Yogyakarta atau daerah Mataraman. Mencapai titik-titik yang indah itu ternyata membutuhkan energi yang tidak mudah juga untuk mengaksesnya. Maka harus ada titik-titik destinasi lain yang terkoneksi, sehingga orang tidak terasa sampai kepada titik yang memang betul-betul punya pesona luar biasa itu," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wisata Alam

Untuk itu, Khofifah akan berkoordinasi dengan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim, Dinas Perhubungan maupun Dinas PU Cipta Karya Provinsi Jatim, terkait pengembangan akses ataupun jalan di Pacitan, baik akses menuju Kabupaten Pacitan maupun antartitik tujuan wisata.

"Semoga akses antartitik itu akan bisa makin mendekatkan destinasi-destinasi yang sama-sama punya nilai menariknya. Jadi bisa saling terkoneksi dan saling menguatkan antarsatu dengan yang lainnya," katanya.

Khofifah berharap Pemkab Pacitan terus mengembangkan dan mengoptimalkan potensi yang ada, tidak hanya untuk menyejahterakan warga, tetapi juga menghadirkan Pacitan sebagai kekuatan ekonomi yang menopang Jawa Timur di sisi barat.

"Pacitan ini punya banyak potensi alam, akar budaya yang kuat, serta kekhasan lokal yang bisa jadi kekuatan baru, baik di Jawa Timur maupun bagi Indonesia. Kuncinya ialah sinergi terus menerus antara pemerintah dan warga," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.