Sukses

Punya Suara Emas, 5 Penyanyi Ternama Ini Ternyata Asal Surabaya Termasuk Via Vallen

Liputan6.com, Surabaya - Kota Surabaya tidak hanya kental dengan sejarahnya. Kota Pahlawan ini juga menjadi tempat dilahirkannya penyanyi ternama tanah air.

Dengan suara emasnya, penyanyi asal Surabaya itu bisa menggemparkan panggung-panggung musik tanah air. Bahkan, ada salah satu musisi asal Surabaya yang menyanyikan lagu tema Asian Games 2018.

Ada banyak penyanyi terkenal di tanah air ini yang berasal dari Surabaya. Lima di antaranya adalah Ahmad Dhani, Ita Purnamasari, Joshua Suherman, Maia Estianty, dan Via Vallen.

Berikut profil singkat penyanyi asal Surabaya yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

2 dari 6 halaman

1. Ahmad Dhani

Ahmad Dhani Prasetyo atau populer dengan sebutan Ahmad Dhani adalah penyanyi sukses asal Kota Pahlawan. Ia lahir di Surabaya pada 26 Mei 1972.

Ahmad Dhani mendirikan grup musik Dewa 19 yang populer sepanjang dekade 1990-an hingga 2000-an. Banyak karya yang telah ia buat di bidang seni musik ini.

Meski terkenal sebanyak penyanyi sukses, namun pernyataan yang ia lontarkan ke publik kerap kali memancing pro kontra. Kendati demikian, perjalanan kariernya menjadi seorang musisi rock bisa dikatakan sukses.

3 dari 6 halaman

2. Ita Purnamasari

Selain Ahmad Dhani, Surabaya juga punya penyanyi ternama lain yakni Ita Purnamasari. Penyanyi kelahiran Surabaya, 15 Juli 1967 ini punya sederet lagu populer. Salah satu yang terkenal di era 1990-an adalah lagu Cintaku Padamu.

Ita Purnamsari sukses meniti kariernya sebagai musisi. Ia memboyong berbagai penghargaan seperti BASF Awards 1991 dan nominasi Karya Produksi Lagu Religi Terbaik dalam AMI Awards 2016.

4 dari 6 halaman

3. Joshua Suherman

Joshua Suherman mengwali kariernya sebagai seorang penyanyi cilik. Ia lahir di Surabaya, 3 November 1992.

Pada tahun 1995, Joshua mulai aktif rekaman menyanyi hingga membuat album pertamanya Cit Cit Cuit. Lalu pada Maret 1997 ia sukses melahirkan album keduanya dengan judul Kapal Terbang.

Tidak berhenti di situ, pada Maret 1999 Joshua merilis album Donat. Lima bulan kemudian ia meluncurkan album Air hingga akhirnya nama dia semakin terkenal sebagai penyanyi cilik.

Joshua bergabung dengan grup musik Saqadaex pada tahun 2006. Ia juga pernah membentuk grup musik bernama Join Side. Pada 31 Januari 2020, Joshua dengan pasangannya Clairine Clay membentuk grup musik bernama Regunada.

Selain terkenal sebagai penyanyi, Joshua juga aktif sebagai aktor, presenter, hingga menghibur banyak dengan berperan sebagai komika.

5 dari 6 halaman

4. Maia Estianty

Penyanyi papan atas Indonesia dari Kota Pahlawan lainnya adalah Maia Estianty. Musisi ini lahir di Surabaya, 27 Januari 1976.

Maia Estianty adalah sosok musisi yang sukses. Dalam perjalanan kariernya sebagai penyanyi, Maia mendirikan grup musik duo bernama Ratu bersama Pinkan Mambo pada tahun 2003.

Album pertama yang dirilis oleh grup duo musik itu adala Bersama dengan single andalannya "Aku Baik-baik Saja".

6 dari 6 halaman

5. Via Vallen

Siapa yang tak mengenal dengan Via Vallen? Sepertinya nama penyanyi satu ini sudah tidak asing lagi terdengar di telinga para pencinta musik tanah air.

Tahukah kamu, ternyata Via Vallen adalah penyanyi dari Kota Pahlawan, lho. Ia lahir di Surabaya, 1 Oktober 1991 dengan nama aslinya adalah Maulidia Octavia.

Via Vallen dikenal sebagai penyanyi dangdut dan koplo. Ia didapuk menjadi penyanyi lagu tema Asian Games 2018 yang berjudul Meraih Bintang.

Hingga kini Via Vallen masih aktif sebagai penyanyi. Banyak prestasi-prestasi yang ia dapatkan selama menjadi musisi. Karya-karyanya di bidang musik pun semakin menumpuk dan disukai oleh kalangan muda.