Sukses

15 Suami-Istri Bakal Berebut Kursi Kepala Desa di Pilkades Serentak Lamongan

Liputan6.com, Jakarta Sedikitnya 61 desa di 24 kecamatan di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur bakal menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak. Menariknya, ada 15 pasangan suami istri yang bertarung dalam pemilihan kades serentak itu. 

"Ada 15 pasangan suami istri yang akan bertarung untuk memperebutkan kursi kepala desa dari 153 bakal calon kepala desa," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pemkab  Lamongan Khusnul Yaqin, Sabtu (19/2/2022). 

Khusnul mengatakan bahwa sebenarnya pendaftaran para bakal calon kepala desa telah ditutup. Namun masih ada 5 desa yang pendaftarnya hanya satu orang, sehingga kelima desa tersebut harus memasuki pendaftraran tahap dua. 

"Dari 61 desa itu ada 153 pendaftara. Tapi masih ada 5 desa yang pendaftarnya masih satu orang, makanya harus masuk ke tahap kedua untuk masa pendaftarannya," jelas dia.

Khusnul menerangkan bahwa Pilkades serentak di Lamongan ini digelar sesuai dengan peraturan Bupati LamonganNomor 48 Tahun 2021 tentang Pilkades Serentak yang menyesuaikan Permendagri baru terkait pelaksanaan Pilkades di masa pandemi Covid-19.

Ia berharap Pilkades serentak ini akan berjalan aman, tertib dan terkendali. Tak hanya itu, dari gelaran ini bisa menghasilkan Kades baru yang kompeten, pekerja keras dan punya visi membangun desa.

"Untuk pemetaan potensi kerawanan, saat ini masih proses, dilihat dulu berapa jumlah calon dan latar belakang calonnya, serta melihat bagaimana pelaksanaan Pilkades setempat yang digelar sebelumnya," tandas Khusnul.

 

Simak juga video piilihan berikut ini: