Sukses

Wow, Realisasi Investasi 2021 di Surabaya Capai Rp29,22 Triliun

Angka itu pun diklaim mengalami peningkatan jika dibandingkan realisasi pada tahun 2020 yang hanya mencapai Rp22,15 triliun.

Liputan6.com, Surabaya - Capaian realisasi investasi di Kota Surabaya, Jawa Timur, pada tahun 2021 meningkat menjadi Rp29,22 triliun dari tahun sebelumnya 2020 yakni Rp22,15 triliun. Realisasi investasi itu pun menyasar berbagai sektor di Kota Pahlawan. 

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di Surabaya, mengatakan, realisasi investasi tahun 2021 tersebut terdiri dari Rp2,85 triliun dari Penanaman Modal Asing (PMA) dan Rp26,37 triliun Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN).

"Dengan investasi yang masuk besar ini, maka saya sampaikan padat karya harus diperbanyak dengan melibatkan orang Surabaya. Sehingga dengan investasi yang besar ini, seharusnya rakyat Surabaya bisa mendapatkan pekerjaan, lalu pengangguran dan kemiskinan harus berkurang," kata Eri, Kamis (17/2/2022). 

Eri menyebutkan realisasi investasi tersebut berasal dari beberapa sektor, mulai dari investasi pembangunan seperti perumahan, transportasi, hotel, restoran, kesehatan, hingga perdagangan.

Dengan besarnya investasi PMDN , pihaknya meyakini bisa menggerakkan ekonomi kerakyatan. Ia mencontohkan keberadaan hotel, pergudangan, perumahan, perdagangan atau rumah sakit yang berdiri di Surabaya juga bisa berdampak positif terhadap ekonomi masyarakat.

"Jadi investasi silahkan masuk sebesar-besarnya ke Surabaya, tetapi harus bisa menggerakkan ekonomi warga Surabaya. Harus menjadi kewajiban dan kepastian serta harus terwujud di tahun 2022," terang mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya itu.

Kota Surabaya tercatat sebagai kota/kabupaten dengan capaian realisasi investasi tertinggi kedua di Indonesia yakni mencapai Rp29,22 triliun pada tahun 2021. Atas pencapaian tersebut, Surabaya meraih penghargaan dari Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Menteri Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia kepada Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dalam Acara Pemberian penghargaan yang berlangsung di Jakarta, Rabu (16/2).

"Ada 10 daerah yang mendapatkan penghargaan. Sedangkan nomor dua tertinggi adalah Surabaya. Dari 10 daerah itu akhirnya memenuhi target dari Presiden Joko Widodo untuk investasi yang masuk di Indonesia," ujar Eri.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.