Sukses

Geledah Lapas Kelas II A Sidoarjo, Petugas Temukan Senjata Tajam Rakitan

Sasaran penggeledahan tidak hanya alat yang bisa mengganggu keamanan dan ketertiban melainkan peredaran narkoba dan telepon seluler

Liputan6.com, Jakarta Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Sidoarjo menggelar penggeledahan di setiap blok yang ada di Lapas tersebut.

Temuan sajam tersebut bagian dari upaya Lapas menjaga kondusifitas antar warga binaan. Dari hasil penggeledahan itu didapatkan senjata tajam rakitan yang terbuat dari sikat gigi oleh warga binaan.

Plt Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Timur Wisnu Nugroho Dewanto menuturkan, pada kegiatan penggeledahan guna menjaga kondusifitas dan ketertiban Lapas dari tindak tanduk warga binaan.

"Selain kita geledah, kita juga mengecek secara seksama tembok di masing-masing kamar, hal itu sebagai upaya kami melakukan pencegahan dari warga binaan yang mencoba kabur," ucapnya, Rabu (16/2/2022).

Penggeledahan terhadap lapas yang berisikan warga binaan sebanyak 1.025 orang itu juga bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya gangguan keamanan dan ketertibannya.

"Dari hasil penggeledahan kami temukan senjata tajam yang dibuat dari gagang gosok gigi yang diruncingkan oleh warga binaan," ungkapnya.

Dia menyebutkan, sasaran penggeledahan tidak hanya alat yang bisa mengganggu keamanan dan ketertiban. Petugas juga mengantisipasi adanya telepon seluler ataupun narkoba di dalam Lapas.

Secara tegas pihaknya tidak ingin ada masalah yang lebih serius ketika ada keributan antar warga binaan, jadi pihaknya amankan benda-benda yang sekiranya bisa membahayakan antar warga binaan.

"Penggeladahan ini rutin kami laksanakan sebagai SOP (Standar Operasional Prosedur)," tutupnya.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.