Sukses

Sanksi Tegas untuk Pedagang Licik yang Jual Durian Kosong di Pasuruan

Setelah mencari tahu beberapa waktu lamanya, pihak pengelola pasar pun berhasil mengetahui siapa pedagang nakal tersebut.

Liputan6.com, Pasuruan - Viralnya video emak-emak yang mengaku ditipu oleh pedagang durian di Pasar Wisata Masjid Cheng Ho Pasuruan yang menjual durian bekas dan tak ada isinya berbuntut panjang. Pihak pengelola pasar wilayah setempat pun langsung mencari tahu siapa pedagang nakal tersebut.

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Kepala Pasar Wisata Masjid Cheng Ho, Wahyu Wibowo. Menurut dia, sejak video tersebut viral, pihaknya telah melakukan penyelidikan dan berhasil mengungkap siapa pedagang nakal tersebut.

"Kami sudah temukan oknum pedagang yang menjual durian kosong itu. Sudah saya tegur dengan sanksi tegas," kata Wahyu Wibowo, Selasa (15/2/2022).

Wahyu menjelaskan bahwa paska kejadian tersebut, pihaknya pun telah melakukan evaluasi. Salah satunya adalah dengan memilah para pedagang durian yang jujur dan para pedagang yang nakal. 

"Ada sekitar 10 pedagang, mereka berjualan pakai mobil bak terbuka. Kalau yang lain itu bukan tanggungjawab kami," akunya.

Pihak pengelola Pasar Wisata Masjid Cheng Ho pun akan terus memantau para pedagang-pedagang yang mencari rezeki di wilayah setempat. Ia juga mengimbau masyarakat agar lebih berhati-hati dalam berbelanja.

"Kami akan pantau terus agar tidak terjadi hal yang serupa kedua kalinya," dia memungkasi. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Viral di Media Sosial

Sebuah video berdurasi 2 menit viral di berbagai platform media sosial. Video tersebut memperlihatkan keluhan emak-emak lantaran kena tipu oleh pedagang durian yang berjualan di Masjid Muhammad Cheng Ho Pasuruan.

"Ini kemarin saya beli durian di Masjid Cheng Ho. Saya beli durian seharga Rp50 ribu dapat tiga," kata emak-emak tersebut dalam videonya yang dikutip Liputan6.com, Sabtu (12/2/2022).  

Betapa kecewanya ibu rumah tangga tersebut lantaran 3 buah durian yang ia beli ternyata ada yang durian bekas. Selain durian bekas salah satu dari tiga buah durian yang ia beli juga belum bisa dimakan lantaran masih mentah. 

"Yang satu mentah udah saya buang, yang satu lagi isinya gak ada. Durian bekas," imbuhnya sambil memperlihatkan sebuah durian lagi yang juga isinya kosong. 

Kulit durian tersebut diduga diikat kembali oleh si pedagang setelah isinya habis dimakan. Emak-emak dalam video tersebut pun membuka durian terakhir yang ia beli dan ternyata isinya memang kosong. 

Benar saja, setelah emak-emak tersebut membuka durian yang ia beli, ternyata isinya kosong melompong. Ia pun berharap pedagang durian yang menjual durian kepada dirinya agak berlaku jujur. 

"Jualan itu yang jujur ya, jualan kok durian bekas seperti ini," keluhnya. 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.