Sukses

Menikmati Kesederhanaan Sompil, Kuliner 'Endemik' Tulungagung yang Melegenda

Kuliner sederhana ini banyak ditemui di sudut-sudut jalan penjuru Tulungagung.

Liputan6.com, Tulungagung - Sompil, begitulah orang-orang menyebutnya. Sompil merupakan makanan khas dari Tulungagung, Jawa Timur. Dulunya makanan ini sering digunakan sebagai bekal bagi para petani jika hendak ke sawah. 

Sukari, salah seorang warga Tulungagung menjelaskan bahwa seiring berjalannya waktu, teknik dan cara menghidangkan Sompil pun mulai beragam, terutama sayur olahan yang digunakan. Setiap pedaganga Sompol yang berada di Tulungagung pun punya cara sendiri dalam menghidangkan Sompil. 

"Sekarang beda-beda tapi hakikatnya sama saja. Intinya ada lontong yang sebaiknya dibungkus dengan daun pisang, jangan yang pakai plastik, karena bisa beda cita rasanya," kata Sukari kepada Liputan6.com, Minggu (13/2/2022). 

Sesederhana namanya, lanjut Sukari, kuliner khas Tulungagung ini pun berpenampilan sederhana. Terdiri dari irisan lontong, sayur bung atau sayur rebung, atau bisa juga menggunakan sayu bersantan seperti sayur kacang, tahu, sayur nangka muda dan sambal kacang yang ditambah urap-urap yang pedas.

"Serta yang paling utama adalah  bubuk kedelai. tidak sempurna kalau tidak ada bubuk kedelainya," imbuhya. 

Meski sederhana, Sompil memiliki cita rasa yang luar biasa. Kuliner ini juga terkenal akan kepedasannya. Jadi buat orang yang baru saja mencoba sebaiknya minta dalam porsi sedikit, sebab rasa pedas yang sangat membuat lidah mendapat kejutan.

Bagi masyarakat setempat, hidangan ini memang paling banyak disantap saat siang hari. Sajian khas Sompil ini telah ada sejak puluhan tahun lalu. Di Tulungagung sendiri akan mudah menemukan sompil ini.

Banyak sekali penjual yang berdagang menjajakan Sompil, mulai dari di pinggir jalan membuka warung, di pasar, hingga yang dijajakan keliling.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.