Sukses

Tips Berwisata Murah ke Banyuwangi

Liputan6.com, Jakarta Banyak cara untuk bisa menikmati waktu luang salah satunya dengan berlibur ke destinasi wisata yang diinginkan. Bahkan, dengan keterbatasan anggaran, masih bisa menikmati suasana liburan ditempat pilihan.

Sejumlah tempat wisata di Indonesia khususnya Jawa Timur menawarkan beragam keindahan alam hingga ciri khas daerah, seperti Banyuwangi Jawa Timur.

Banyaknya pilihan objek wisata di Banyuwangi membuat pengunjung harus berhitung dulu sebelum datang. Berikut tips wisata murah di Banyuwangi dirangkum dari berbagai sumber:

Pilih Destinasi Wisata

Pilihan destinasi wisata Banyuwangi yang utama ada Kawah Ijen, Pulau Merah, Teluk Ijo, Tabuhan, dan Baluran. Dari daftar tersebut, pilihlah dua objek wisata dulu yang dianggap prioritas untuk dikunjungi.

Pendakian ke Kawah Ijen butuh pendaftaran online terlebih dahulu, untuk bisa menikmati pemandangan Kawah Ijen cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 15.000.

Selanjutnya destinasi Pulau Merah, Teluk Ijo maupun Baluran memiliki harga tiket berkisar Rp 10.000 hingga Rp 20.000. Namun lokasinya cukup jauh dari Banyuwangi kota. Pilih saja salah satu dari ketiga pilihan tersebut. 

Saksikan video pilihan berikut ini

2 dari 3 halaman

Transportasi dan Penginapan

Pilihan alat transportasi menjadi penting untuk bisa menekan anggaran saat berlibur. Transportasi publik bisa menjadi pilihan jika kalian tinggal di daerah yang cukup jauh dengan Banyuwangi.

Kereta, bus umum maupun moda transportasi umum lainnya bisa digunakan untuk menuju Banyuwangi. Bila sudah tiba di Banyuwangi, kalian bisa menggunakan kendaraan yang banyak di sewakan di Banyuwangi.

Jika kalian datang ke Banyuwangi dengan jumlah rombongan lebih dari 2 orang, bisa gunakan kendaraan roda empat yang banyak di sewakan di Banyuwangi seperti mobil Toyota Avanza dengan tarif Rp 600.000 per hari berikut dengan sopir.

Bilamana berkunjung ke Banyuwangi berdua, kalian bisa gunakan kendaraan roda dua yang juga banyak di sewakan dengan tarif Rp. 75.000 per hari.

Tempat Menginap

Memilih penginapan adalah faktor yang sangat penting. Penginapan yang nyaman baik dari pelayanan hingga desain interior akan mempengaruhi mood selama liburan. Penginapan yang murah dengan konsep yang bagus dan ramah telah menjamur di Banyuwangi. 

Kini banyak tempat penginapan yang menawarkan harga sewa sangat murah namun tetap layak untuk dijadikan tempat untuk beristirahat. Untuk harga penginapan yang bisa menghemat biaya selama berlibur di Banyuwangi bisa pilih penginapan yang membuka harga mulai dari Rp 75.000 hingga Rp. 100.000 per malam.

3 dari 3 halaman

Tempat Kuliner

Kuliner juga merupakan kunci terpenting dalam liburan. Kuliner di Banyuwangi rata-rata murah dan enak. Sebut saja sego tempong yang memiliki rentang harga Rp 10.000 hingga Rp 25.000 sesuai dengan lauk yang dipilih.

Sego tempong yang cukup terkenal adalah sego tempong mbok Wah. Namun banyak pula pilihan lain yang bisa menjadi pilihan yaitu sego tempong mbok Nah dan warung pojok bedo dewek.

Kuliner lain yang bisa dicoba yaitu nasi pecel rawon di warung pangklang, bik ati atau pecel ayu. Pilihan warung pangklang adalah yang wajib dicoba terutama perkedel kentangnya yang sangat enak.

Kuliner saat malam hari dan harganya sangat murah yaitu sego bungkus. Kisaran Rp 5.000 hingga Rp 7.000. Rasanya enak dan pas untuk mengisi perut. Terdapat hampir di setiap jalan kota Banyuwangi.

Jajanan yang wajib dicoba adalah tahu walik dan kucur. Tahu walik biasanya harganya Rp 10.000 per porsi. Berbeda dengan tahu pentol, tahu walik memiliki tekstur kriuk-kriuk yang bikin ketagihan, apalagi ditambah petis atau saus sambal.