Sukses

Kampung Herbal, Penyejuk di Tengah Hawa Gerah Kota Surabaya

Kampung Herbal Surabaya mengolah aneka tanaman obat menjadi racikan herbal yang penuh khasiat.

Liputan6.com, Surabaya - Surabaya sebagai kota metropolitan dikenal dengan lalu lintas yang padat serta polusi yang tinggi. Menjadi salah satu kawasan indutri yang berpengaruh membuat Kota Surabaya memiliki udara yang panas.

Namun siapa sangka, di tengah gerahnya hawa Kota Surabaya ada tempat yang dapat menyajikan kesejukan yakni Kampung Herbal. Dikutip dari berbagai sumber, Kampung Herbal Surabaya mengolah aneka tanaman obat menjadi racikan herbal yang penuh khasiat.

Kampung ini berubah menjadi kawasan penghasil tanaman herbal siap saji yang tersohor di Kota Surabaya. Dibantu oleh Dinas Pertanian setempat masyarakat Kampung Herbal diajak untuk memelihara aneka tanaman-tanaman obat sejak 2008.

Beragam tanaman tersedia mulai dari, kunyit, jahe, belimbing wuluh hingga buah naga. Sehingg tak heran, apabila setiap rumah di kawasan ini memiliki aneka tanaman apotek hidup di depan rumahnya.

Para ibu rumah tangga di kawasan ini mendapat pelatihan membuat olahan dari bahan yang sudah ada. Lalu hadirlah minuman herbal seperti jamu dan sirup yang dibuat dari tanaman-tanaman di sekitar.

 Tidak hanya minuman, produksinya kemudian berkembang ke ranah makanan berbahan herbal. Lokasi Kampung Herbal berada di Jalan Genteng Candirejo.

Tepatnya dari Pasar Genteng, menuju ke utara sekitar 30 meter. Selanjutnya, masuk gang Genteng Muhammadiyah di barat jalan. Ikuti arah sesuai jalan hingga menemukan pertigaan. Kemudian, ambil arah ke selatan sekitar 200 meter. Kini Kampung Herbal cocok menjadi tempat menepi dari panas dan hiruk piruk Kota Surabaya.

(Tifani)

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.