Sukses

Deretan Minuman Legendaris Khas Jawa Timur, Mulai dari Pelepas Dahaga hingga Bugarkan Tubuh

Ragam minuman khas Jawa Timur tak hanya siap sebagai pelepas dahaga ketika cuaca terik saja, namun juga ada minuman tradisional yang akan membugarkan tubuh.

Liputan6.com, Jatim - Setiap daerah selalu menawarkan kuliner legendaris yang bahkan tak bisa dijumpai di daerah lain. Begitu juga Jawa Timur, provinsi ini memiliki beragam makanan dan minuman khas yang patut dicoba.

Ragam minuman khas Jawa Timur tak hanya siap sebagai pelepas dahaga ketika cuaca terik saja, namun juga ada minuman tradisional yang akan membugarkan tubuh.

Apa saja sajian minuman tradisional yang memperkaya khazanah kuliner Jatim? Berikut Liputan6.com rangkum untuk Anda.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Wedang Angsle

Jika Anda berkunjung ke Jawa Timur, tak afdol bila tidak mencicipi wedang angsle. Minuman khas tersebut tak bisa dilepaskan dari daerah paling ujung Pulau Jawa Ini.

Secara tampilan, wedang angsle lebih menyerupai kolak. Zaman dahulu, penjual angsle tradisional berkeliling kampung hanya pada malam hari, karena angsle yang hangat pas disajikan saat malam hari atau saat hujan.

Beberapa varian wedang jahe angsle adalah, roti, putu, ketan dan kacang hijau. Lalu kuah yang digunakan hampir sama dengan wedang jahe pada umumnya, yaitu jahe dan santan.

3 dari 6 halaman

Es Sinom

Sinom merupakan salah satu bagian dari tanaman asam yang berupa daun dan terletak di ujung tangkainya. Cita rasa alami tersebut menjadi bahan utama dalam minuman Sinom.

Selain itu, dalam sajian es sinom juga terdapat rempah-rempah lainnya seperti kunyit, temulawak, kayu manis, gula merah, dan lain sebagainya.

Jika sudah diolah, biasanya Sinom memiliki citarasa yang cenderung manis. Selain itu, teksturnya juga lebih encer. Tak heran jika Sinom banyak disuguhkan sebagai minuman penyegar atau disajikan dalam keadaan dingin. Cocok untuk menyegarkan diri di tengah panasnya kota Surabaya.

Sinom juga dipercaya dapat mempelancar buang air besar, mengatasi kerontokan pada rambut serta dapat memperlancar peredaran darah. Sedangkan manfaat bagi wanita antara lain adalah mengatasi nyeri haid dan menjaga kesehatan kulit.

4 dari 6 halaman

Wedang Pokak

Sirup pokak atau biasa disebut juga wedang pokak merupakan minuman legendaris Jawa Timur yang berasal dari Probolinggo. Biasanya ini biasa disajikan dalam perayaan besar termasuk Idul Fitri.

Sirup pokak terbuat dari gula merah atau gula putih, pandan, kayu manis, cengkeh serta jeruk purut. Dengan banyaknya rempah-rempah yang digunakan, tentu saja membuat sirup pokak bermanfaat dalam menjaga kebugaran dan stamina tubuh.

5 dari 6 halaman

Teh Kocok

Teh kosok merupakan minuman khas Kota Surabaya, Jawa Timur. Jika sedang berada di Surabaya, Anda tak akan sulit menemui orang menjual teh kocok karena banyak sekali warung yang menyediakan menu ini.

Minuman ini mirip dengan teh tarik yang melegenda di Aceh. Minuman dingin ini terbuat dari perpaduan antara teh hitam dan kopi.

6 dari 6 halaman

Es Pleret

Es pleret adalah minuman legendaris di Blitar, Jawa Timur. Anda harus menyicipi rasa manis dan menyegarkan dari es pleret ketika sedang berada di Blitar.

Nama pleret diambil dari isian utama dalam es tersebut, yakni pleret yang terbuat dari tepung beras. Membuat pleret juga cukup rumit sehingga tak semua orang bisa memasaknya di rumah.

Dalam penyajiannya, pleret dihidangkan dengan sirup frambos berwarna merah lalu diberi tambahan santan cair dan es batu. Selain itu penyajian pleret juga bisa dikreasikan dengan sirup atau pemanis lainnya, misalnya sirup gula merah atau cokelat susu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.