Sukses

Akhir Pelarian Mafia Pupuk di Banyuwangi

Liputan6.com, Jember - Seorang pengepul pupuk bersubsidi di Banyuwangi, Jawa Timur dibekuk oleh tim Satreskrim Polres Jember karena diduga menjadi mafia penyelundupan pupuk.

Pengepul pupuk tersebut berinisial MD itu ditangkap bersama barang bukti 17 sak pupuk bersubsidi urea dan satu unit kendaraan jenis pick up.

Kapolres Jember, AKBP Hery Purnomo mengatakan sudah mengamankan tersangka pada Rabu (09/02/2022) malam. Selain menangkap MD, pihaknya juga menangkap AS, karyawan MD yang diduga juga terlibat dalam melancarkan aksi tersebut.

"Iya,kami berhasil mengamankan para tersangka," jelasnya.

Menurut Hery pupuk subsidi asal Banyuwangi itu, diselundupkan ke luar daerah dengan melintasi jalur nasional pegunungan Gumitir.

Setidaknya terdapat 7 buah kendaraan dengan muatan masing-masing bermuatan tiga ton yang diduga digunakan untuk menyelundupkan pupuk bersubsidi tersebut ke area Jember.

"Berdasarkan data dari seorang saksi setidaknya lebih dari 20 ton pupuk yang diselundupkan setiap harinya," ujar Hery.

Hingga saat ini, pihaknya masih mendalami dan melakukan pengembangan kasus tersebut.

 

Sonya Andomo

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.