Sukses

Pandemi Covid-19 Mengganas, Kota Wisata Batu Sepi Pelancong

Peburunan jumlah wisatawan bahkan mencapai angka 50 persen.

Liputan6.com, Batu - Kunjungan wisatawan ke wilayah Kota Batu, Jawa Timur, dilaporkan mulai mengalami penurunan. Hal itu diakibatkan adanya lonjakan kasus konfirmasi positif Covid-19 di sejumlah daerah di Indonesia.

Direktur Utama Taman Rekreasi Selecta Kota Batu, Sujud Hariadi mengatakan dampak adanya lonjakan kasus konfirmasi positif di sejumlah wilayah, membuat kunjungan wisatawan di Kota Batu menurun hingga 50 persen.

"Sekarang sudah mulai terdampak, ada penurunan jumlah wisatawan. Penurunan hampir 50 persen dari situasi normal saat pandemi," kata Sujud, di Kota Batu, Jumat (11/2/2022) seperti dilansri Antara. 

Sujud menjelaskan, sebelum terjadi lonjakan kasus konfirmasi positif Covid-19, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Taman Rekreasi Selecta Kota Batu pada akhir pekan bisa menembus angka 5.000 orang per hari. Tak hanya di akhir pekan, penurunan jumlah wisatawan itu juga terjadi pada hari-hari lainnya. 

"Untuk weekdays lebih sepi. Kemarin sudah mencapai 700-800 orang per hari, bahkan terkadang mencapai 1.000 orang. Namun angka sudah turun, Jumat ini hanya ada 250 orang pengunjung," katanya.

Ia menambahkan, meskipun saat ini wilayah Kota Batu berstatus PPKM Level 2, namun pada sejumlah daerah asal wisatawan seperti Surabaya dan sekitarnya telah mengalami lonjakan kasus konfirmasi Covid-19.

"Walaupun wisatawan mengetahui di Kota Batu PPKM level 2 dan dalam kondisi baik, namun di daerah mereka seperti Surabaya sudah banyak kasus. Jadi wisatawan yang akan berangkat untuk berwisata juga melakukan pertimbangan," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penerapan Prokes Ketat

Dalam upaya menghadapi adanya puncak penambahan kasus konfirmasi positif Covid-19 tersebut, Sujud mengharapkan seluruh pelaku sektor wisata di Kota Batu untuk terus bisa menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Dengan menerapkan protokol kesehatan ketat termasuk penerapan aplikasi PeduliLindungi, maka diharapkan mampu meminimalisasi risiko penyebaran Covid-19. Hal tersebut dilakukan agar di wilayah Kota Batu tidak mengalami lonjakan pasien Covid-19 yang tinggi.

"Intinya tetap dari internal kita sendiri, untuk benar-benar bisa menahan diri. Jadi aplikasi PeduliLindungi, satgas juga dioptimalkan, sehingga di Kota Batu sendiri lonjakan tidak terlalu tinggi," katanya.

Ia mengharapkan puncak penyebaran Covid-19 khususnya di Indonesia bisa ditangani dengan baik, sehingga untuk kedepan sektor pariwisata di Kota Batu bisa kembali pulih serta kembali memutar roda perekonomian wilayah tersebut.

"Jadi sekarang kita ya sama-sama jaga diri, saling mengikuti ketentuan pada PPKM level 2 ini dengan sebaik-baiknya," katanya.

Di Kota Batu, secara keseluruhan ada sebanyak 3.408 kasus konfirmasi positif Covid-19, dengan kasus aktif tercatat sebanyak 240 kasus. Dari total tersebut, sebanyak 2.900 orang dilaporkan telah sembuh, 267 orang dinyatakan meninggal dunia.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.