Sukses

90 Relawan Siap Ikuti Uji Klinis Pertama Vaksin Merah Putih RSUD Dr Soetomo

Kegiatan tersebut rencananya akan berlangsung pada 9 Februari 2022 di RSUD Dr Soetomo.

Liputan6.com, Surabaya - Sedikitnya 90 relawan berusia di atas 18 tahun siap mengikuti uji klinis tahap pertama Vaksin Merah Putih. Uji klinis itu rencananya akan dilakukan pada 9 Februari 2022 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Soetomo Surabaya.

"Uji klinis tahap awal sudah siap, termasuk jadwal dan relawannya. Berikutnya, tahap dua dan tiga dijadwalkan kemudian," kata Rektor Universitas Airlangga Surabaya, Prof. Mohammad Nasih ketika dikonfirmasi wartawan di Surabaya, Senin (7/2/2022).

Menurut dia, kebutuhan relawan tahap 1 dan 2 Vaksin Merah Putih sangat banyak sehingga pihaknya mengerahkan semua kekuatan. Keterlibatan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa pun sangat penting, pasalnya dia menawarkan bantuan untuk mencarikan sebanyak 5.000 relawan tahap 1 dan 2 Vaksin Merah Putih.

"Kami berterima kasih Panglima TNI berkomitmen untuk membantu, karena tidak mudah untuk mencari 5.000 relawan. Kalau dilakukan sendiri mungkin bisa dapat 1.000 atau 2.000 orang, tapi yang 3.000 relawan pasti kurang, karena harus belum divaksin sama sekali. Sehingga ini adalah kesempatan," tambah Guru Besar Unair tersebut.

Nasih menjelaskan tahapan uji klinis dilakukan dengan paralel setiap dua pekan sekali, selanjutnya hasil uji klinis akan diserahkan kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk dilihat aman atau tidaknya.

"Kalau itu hasilnya aman dan BPOM mengizinkan, selanjutnya akan dilakukan uji klinis untuk tahap tiga," kata Rektor Unair.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Optimis Sukses

Pihaknya optimistis hasil uji klinis Vaksin Merah Putih aman sehingga pada Maret 2022 dapat dilakukan uji klinis tahap tiga. 

"Paling tidak Maret kami akan mulai tahap tiganya karena paralel dua pekan, kemudian hasilnya diketahui semuanya saya pikir bisa dilakukan bulan depan. Semua sangat tergantung hasil di tahap 1 dan 2, tapi InsyaAllah bagus," tuturnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap pelaksanaan uji klinis tahap pertama Vaksin Merah Putih inovasi Universitas Airlangga Surabaya bersama tim dari RSUD Dr. Soetomo berjalan lancar.

"Semoga sesuai dengan target yang diharapkan," kata orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.