Sukses

Warga Surabaya, Siap-siap di Swab Jika Langgar Prokes Covid-19

Operasi prokes akan menyasar kepada para pengguna kendaraan dan tempat-tempat keramaian.

Liputan6.com, Jakarta Genjot masyarakat agar patuhi protokol kesehatan, Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur menggelar operasi protokol kesehatan (prokes) Covid-19 di 31 kecamatan secara serentak.

Meningkatnya temuan kasus Covid-19 di Surabaya, membuat Pemkot melakukan berbagai cara untuk menekan angka tersebut, salah satunya dengan cara operasi prokes yang dinilai mampu menekan jumlah angka pasien yang terpapar.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana (Daerah) Kota Surabaya, Ridwan Mubarun mengatakan operasi itu telah digelar sejak Januari 2022. Dimana, operasi itu langsung dikendalikan oleh masing-masing Kecamatan.

"Pandemi Covid-19 ini masih belum berakhir, jadi kami ingatkan masyarakat dengan cara ini," kata Ridwan, Minggu (6/2/2022).

Menurutnya, pelaksanaan operasi prokes akan menyasar kepada para pengguna kendaraan dan tempat-tempat keramaian. Setiap camat akan dibantu oleh personel gabungan yang akan memastikan kesehatan para pelanggar, dengan melakukan swab antigen.

"Apabila nanti terdapat pelanggar yang dinyatakan positif swab antigen, maka akan langsung dilakukan swab yang PCR," terang dia.

Kemudian, ia menjelaskan bahwa para pelanggar prokes yang kedapatan hasil swab PCR dinyatakan positif, maka secara otomatis akan langsung dibawa ke Hotel Asrama Haji (HAH).

"Ketika ada peningkatan frekuensi kenaikan kasus Covid-19 ini, Pak Wali Kota (Eri Cahyadi) memerintahkan untuk meningkatkan swab hunter melalui operasi prokes," jelas dia.

Operasi tersebut tidak hanya digelar pada Sabtu malam, Ridwan juga menyebutkan kegiatan operasi prokes tersebut juga akan digelar setiap harinya yang diserahkan kepada masing-masing kecamatan.

"Hampir di semua kecamatan itu mereka setiap hari melakukan operasi prokes," imbuhnya.

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ratusan Pelanggar Prokes

Rata-rata terdapat 500 hingga 700 pelanggar prokes yang telah dilakukan swab antigen. Ia menyebut targetnya adalah menegakkan prokes, pihaknya tidak memberikan sanksi, melainkan melakukan testing dengan menggelar swab hunter.

Sementara, Camat Sawahan, M. Yunus mengatakan bahwa pihaknya menggelar operasi prokes di kawasan Komplek Makam Kembang Kuning Kota Surabaya. Hasilnya, dari 63 pelanggar yang terjaring, terdapat satu pelanggar yang dinyatakan positif usai dilakukan swab antigen.

"Kami menyasar pengendara kendaraan bermotor. Satu pelanggar positif swab antigen itu ternyata berboncengan, maka kami langsung lakukan PCR untuk keduanya," imbuhnya.

Untuk tahap selanjutnya pihaknya akan memberikan hasil swab PCR kepada puskesmas masing-masing untuk diteruskan kepada yang bersangkutan. Apabila hasil swab PCR dinyatakan positif Covid-19, maka akan dijemput oleh petugas puskesmas untuk langsung dibawa ke HAH.

Pada kegiatan operasi prokes yang lainnya, Yunus mengatakan akan langsung berkoordinasi dengan puskesmas setempat, jika terdapat warga yang melakukan kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.