Sukses

Banyuwangi Culture Everyweek, Wisata Budaya Tiap Akhir Pekan di Bumi Blambangan

Liputan6.com, Banyuwangi - Para pelancong yang hendak berakhir pekan di Banyuwangi kini bisa menikmati berbagai penampilan seni dan budaya di daerah berjuluk Bumi Blambangan itu. Kegiatan atraksi seni dan budaya itu dibalut dalam event Banyuwangi Culture Everyweek

Menariknya, atraksi tersebut ditampilkan pelajar-pelajar Banyuwangi dalam sebuah event, Banyuwangi Culture Everyweek. Berbagai tarian dan senin khas bayuwangi ditampilkan dalam event yang bakal digelar tiap akhir pekan tersebut. 

"Ini akan menjadi atraksi yang menarik. Setiap Sabtu sore, masyarakat maupun wisatawan bisa menyaksikan penampilan beragam seni dan budaya Banyuwangi," kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat meluncurkan event tersebut Sabtu  (5/2/2022) sore

Ipuk mengatakan, Banyuwangi Culture Everyweek (BCE) digelar sebagai panggung bagi pelajar untuk menampilkan minat dan bakatnya di bidang seni. Selain itu, event ini juga sebagai upaya untuk melestarikan tradisi dan budaya lokal Banyuwangi pada generasi muda.

"Ini adalah salah satu upaya regenerasi seniman muda di Banyuwangi. Kami ajak anak-anak muda yang berbakat dan minat seni untuk berkreasi sebaik-baiknya di panggung ini. Saya yakin, di antara ribuan siswa yang terlibat di event ini, pasti akan ada siswa yang akhirnya tertarik untuk menekuni seni dan budaya daerah," kata Ipuk.

"Seni budaya harus dilestarikan karena itu menjadi salah satu modal Banyuwangi membangun daerahnya," imbuh Ipuk.

 

2 dari 2 halaman

Penampil Perdana

Pertunjukkan perdana Banyuwangi Culture Everyweek kali ini digelar di Pasar Wisata Terpadu di Kecamatan Sobo dan diisi oleh siswa tingkat SD, SMP, dan SMA di wilayah Kecamatan Giri. Puluhan siswa berbakat seni menampilkan aneka kesenian, seperti Tari Jejer Gandrung Kembang Menur, Tari Gandrung Marsan, Tari Sorote Lintang, Hadrah, Tari Alumpang, Tari Barong, serta paduan suara.

Pasar Pariwisata Terpadu saat ini difungsikan sebagai pasar seni yang berisi produk-produk UMKM. Di kompleks tersebut juga akan disediakan terminal khusus angkutan wisata untuk shelter kendaraan yang akan mengangkut penumpang ke berbagai destinasi wisata di Banyuwangi.

Sementara itu, pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Suratno menjelaskan Banyuwangi Culture Everyweek ini akan dilaksanakan setiap Sabtu sore di sepanjang tahun. Secara bergantian, siswa-siswa SD hingga SMA sederajat akan menampilkan pertunjukan seni budaya.

"Pelaksanaannya akan bergiliran di kantor-kantor kecamatan. Kecuali setiap minggu ketiga (tiap bulannya), akan ditempatkan di pasar wisata terpadu," jelas Suratno.

 

Simak juga video pilihan berikut ini: