Sukses

Jawa Timur Digoyang Gempa 22 kali Dalam Sepekan Terakhir

Pihaknya mengimbau agar masyarakat dapat berhati-hati dan jika terjadi gempa agar tidak panik terlebih dahulu.

Liputan6.com, Jatim - Sebanyak 22 gempa bumi dengan magnitudo yang berbeda-beda guncang beberapa daerah di Jawa Timur dalam sepekan terakhir.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Tretes, Kabupaten Pasuruan, Djati Cipto Kuncoro mengatakan data tersebut dihimpun sejak 28 Januari 2022 hingga 3 Februari 2022. Hasilnya, ada 22 gempa bumi di Jatim.

"Aktivitas kegempaan di wilayah Jawa Timur dan sekitarnya yang teranalisa di Stasiun Geofisika Pasuruan, selama sepekan telah terjadi 22 kejadian gempa bumi dan 1 gempa bumi dirasakan," katanya, Sabtu (5/2/2022).

Djati menyebut dari total keseluruhan gempa yang terjadi, setengahnya memiliki magnitudo 3,0 Scala Richter. Dimana Aktivitas pergeseran lempeng sangat kecil, sehingga hampir tidak bisa dirasakan oleh masyarakat umum.

Kemudian, kata Djati terdapat tujuh gempa bumi berkekuatan 4,0 Scala Richter, dan selebihnya memiliki kekuatan di atas itu.

"Hanya empat gempa yang memiliki magnitudo cukup Tinggi, sehingga salah satunya dapat dirasakan oleh masyarakat," jelas Djati.

Lanjut, Ia mengatakan terdapat 17 gempa yang kedalamannya kurang dari 60 Kilometer. Kemudian sisanya terjadi di kedalaman 60 - 300 km.

"Semakin dalam gempa, maka guncangannya akan semakin tidak terasa," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau agar masyarakat dapat berhati-hati dan jika terjadi gempa agar tidak panik terlebih dahulu.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.