Sukses

5 Makanan Membantu Menyuburkan Kandungan

Selain pola hidup yang harus baik, sejumlah ahli nutrisi juga menyebutkan jika pilihan makanan yang dikonsumsi akan berpengaruh kepada tingkat kesuburan ramih

Liputan6.com, Jakarta Kelahiran seorang anak merupakan keinginan besar pasangan suami istri dimanapun berada. 

Selain pola hidup yang harus baik, sejumlah ahli nutrisi juga menyebutkan jika pilihan makanan yang dikonsumsi akan mempengaruhi kesuburan rahim wanita.

Lantas makanan apa saja yang harus dikonsumsi supaya bisa menyuburkan rahim untuk menanti buah hati, berikut makanan yang bisa jadi rekomendasi untuk suburkan rahim, diantaranya :

Asupan Karbohidrat Kompleks

Dengan rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, dari hasil penelitian dapat menyuburkan kandungan wanita seperti

- Roti Gandum

- Sereal

- Biji - Bijian

Karena asupan karbohidrat komplek banyak mengandung nutrisi penting seperti vitamin B, antioksidan, dan zat besi.

Buah-Buahan

Kandungan antioksidan di dalam buah ini melindungi tubuh dari kerusakan dan penuaan sel, termasuk sel pada sistem reproduksi. Buah beri sangat dianjurkan untuk menyuburkan kandungan seperti :

- Stroberi

- Raspberry

- Blueberry

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kaya Asam Folat

Asam folat adalah salah satu nutrisi yang perlu dikonsumsi pada wanita yang ingin atau sedang berada dalam masa kehamilan. Menurut penelitian, ibu yang mengonsumsi asam folat empat minggu sebelum kehamilan dan delapan minggu setelah kehamilan, bisa meminimalkan risiko autis pada bayi sebanyak 40 persen.

Berikut makanan yang kaya akan asam float :

- Bayam

- Brokoli

- Kentang

- Sereal Kacang-kacangan

- Jeruk

- Pepaya

- Alpukat

Mengandung Zinc

Zat yang satu ini dapat meningkatkan produksi sel telur yang berkualitas dan melancarkan siklus haid. Nah, kamu bisa mendapatkan asupan zinc dari tiram, biji-bijian utuh, ayam, daging sapi, telur, hingga produk susu. 

Olahan Susu

Menambahkan produk susu ke dalam diet prakonsepsi tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tulang saja, tetapi juga secara potensial dapat meningkatkan kesehatan reproduksi.

Namun, alangkah baiknya bila dirimu mengonsumsi produk susu rendah lemak atau bebas lemak. Pasalnya, berat badan yang berlebih dapat memengaruhi kesuburan.

Setelah mendapatkan penjelasan dari sejumlah asupan yang bagus dikonsumsi untuk menyuburkan kandungan, apakah kalian bisa mencobanya ?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.