Sukses

Merenung Sepekan di Banyuwangi, Dewa Budjana Lahirkan Dua Lagu Kolaborasi

"Inspirasi saya saat melihat foto-foto Ijen di Taman Gandrung Terakota. Luar biasa tempat ini".

Liputan6.com, Banyuwangi - Musikus Dewa Budjana yang juga gitaris Band Gigi lahirkan dua lagu hasil kolaborasi dengan seniman Banyuwangi, Jawa Timur. Lagu itu merupakan hasil kontemplasi Dewa Budjana selama sepekan berada di kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu.

Lagu yang berjudul "Mata Hati" dan "Kaja Kangin” sempat ditampilkan bersama penari gandrung dan seniman Banyuwangi dalam pertunjukan seni pada akhir pekan lalu di Taman Gandrung Terakota.

"Saya senang banget dengan musik tradisional, walaupun saya tidak bisa main karena kebanyakan karya saya itu lebih modern. Saya senang berkolaborasi dengan musisi Banyuwangi," ujar Dewa Budjana, Kamis (3/2/2022)

Menurutnya, Lagu "Mata Hati" memiliki arti pengungkapan perasaan dan pandangan manusia, semuanya bisa diwujudkan pada ketulusan yang hanya ada di mata hati.

Sementara, "Kaja Kangin" merupakan bahasa Bali. Kata "Kaja" merupakan simbolisasi gunung dan "Kangin" mewakili matahari, lanjutnya.

"Inspirasi saya saat melihat foto-foto Ijen di Taman Gandrung Terakota. Luar biasa tempat ini. Selama seminggu di sini saya mendapatkan banyak hal," katanya.

Sementara seniman Banyuwangi, Haidi Bing Slamet, mengaku bangga bisa berkolaborasi dengan Dewa Budjana. Selama seminggu, dirinya banyak belajar dari gitaris grup Band Gigi itu.

"Sangat bangga sekali, dapat banyak ilmu dari Mas Dewa Budjana. Semoga lagu-lagu ini bisa diterima pecinta musik Indonesia," kata Haidi.

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertunjukan Mendadak

Pemilik Taman Gandrung Terakota, Sigit Pramono, mengatakan pertunjukan seni ini digelar secara mendadak dan hanya butuh waktu dua minggu.

Ini diilhami saat Dewa Budjana dan Bintang Indrianto sedang mencari inspirasi dalam bermusik. Sehingga, ide menghadirkan pertunjukan untuk wisatawan pun muncul.

"Ya, ini memang secara mendadak. Mas Bintang dan Dewa Budjana sedang mencari inspirasi dan ilham dalam bermusik. Makanya langsung kami buat pertunjukan seni. Ada pertunjukan gandrungnya juga," ujarnya.

Rencananya, kata Sigit, Taman Gandrung Terakota bakal menjadwal pertunjukan Gandrung dalam sebulan sekali dengan bintang tamu musisi lain yang akan berkolaborasi dengan seniman Banyuwangi.

"Kalau kegiatan tradisi masih ada seminggu sekali ya. Tapi, untuk event besar sebulan sekali dengan bintang tamu yang kolaborasi dengan musisi lain akan kami lakukan sebulan sekali," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.