Sukses

Menikmati Pagi Dengan Nasi Krawu Khas Gresik

Liputan6.com, Jakarta Gresik menjadi salah satu kota yang dikenal dengan kawasan industri di Jawa Timur. Daerah yang beririsan langsung dengan Surabaya tersebut memiliki sejumlah warisan kuliner yang tak boleh dilewati saat berkunjung.

Salah satu warisan kuliner terbaik di Jawa Timur ini diberi nama nasi krawu. Dari informasi yang didapat, ternyata kuliner yang satu ini awalnya bukan berasal dari Gresik.

Melainkan dari seorang pedagang asal Madura yang berdagang di Gresik dan kemudian menciptakan kudapan spesial ini. Namun tidak disangka, menu makanan yang disajikan oleh pedagang asal Madura itu mendapatkan respon yang positif dari masyarakat.

Sampai akhirnya, nasi krawu Gresik itu sampai sekarang sangat mudah dijumpai di Gresik. Nasi krawu terbuat dari berbagai bahan, seperti daging sapi, sambal terasi hingga serundeng.

Semakin menarik karena nasi krawu di sajikan dengan menggunakan daun pisang yang akan menambah cita rasa dari aroma daun pisang yang dijadikan tatakan saat menyantap kudapan spesial asal Gresik ini.

Dijamin, Anda akan semakin ketagihan saat mencoba menu ini untuk pertama kali. Mengapa demikian ?, karena lauknya dapat berupa sayatan daging sapi, semur daging, jeroan sapi, sambal petis dan serundeng.

Sambal terasi yang disajikan bersama dengan nasi krawu memiliki rasa pedas yang khas. Menyantap Nasi Krawu tak ada ketentuan waktu, namun, disarankan pada pagi hari agar dapat menikmati suasana pagi di Gresik.

Harga yang ditawarkan nasi krawu seperti di tempat makan Bu Tiban cukup terjangkau, kalian hanya perlu mengeluarkan uang Rp 20.000 sampai Rp25.000 per porsi dan sudah bisa menikmati makanan khas Gresik ini dengan sajian lengkap dengan sambal terasi nya.

Bagi Anda yang mengunjungi kota ini, pastikan Anda tidak melewatkan untuk menyicipi menu terbaik nasi krawu.

Penulis : Devteo Mahardika Prakoso

Saksikan video pilihan berikut ini

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS