Sukses

Deretan Cara Alami Mengatasi Komedo Membandel

Menghadapi komedo membandel yang sulit hilang menjadi permasalahan bagi siapapun.

Liputan6.com, Jatim - Minyak berlebih di wajah dan polusi udara membuat siapapun dapat menimbulkan komedo. Bintik-bintik hitam maupun putih yang sering muncul di sekitar area hidung dan dagu itu memang sulit untuk dituntaskan.

Menghadapi komedo membandel yang sulit hilang menjadi permasalahan bagi siapapun, terutama orang yang memiliki kulit sensitif. Salah-salah dalam pemilihan chemical produk bisa mengancam kulit akan semakin rusak kembali.

Berikut daftar bahan-bahan alami yang ampuh mengusir komedo membandel di wajah yang pastinya sangat aman digunakan pada kulit normal hingga sensitif sekalipun.

Saksikan juga video pilihan berikut ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Putih Telur

Khasiat putih telur tidak bisa diragukan lagi khasiatnya. Selain mengencangkan pori-pori pada kulit wajah, putih telur juga bisa diandalkan untuk mengatasi komedo secara alami.

Tak heran jika banyak orang menganggapnya bagian putih pada telur ini sebagai bahan yang cukup ajaib. Sehingga menurut beberapa ahli bisa mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan munculnya komedo.

3 dari 7 halaman

Pepaya

Selain bagus untuk pencernaan, nyatanya pepaya juga bermanfaat untuk kecantikan. Salah satunya ialah dalam mengatasi komedo membandel di area wajah.

Anda bisa menghaluskanpepaya kemudian dicampur dengan madu. Setelah itu gunakan sebagai masker wajah, terlebih pada bagian yang berkomedo.

4 dari 7 halaman

Oat

Selain dapat melembabkan juga sekaligus dapat mengusir komedo membandel. Oat juga dipercaya dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit.

Serupa cara membuat pepaya, oat juga akan lebih efektif jika dipadukan dengan madu. Dengan perbandingan dua sendok oat banding satu sendok teh madu, bahan ini sangat ampuh dalam mengusir koedo.

5 dari 7 halaman

Kopi

Selain nikmat untuk dikonsumsi, bubuk kopi juga bisa digunakan sebagai senjata menghilangkan komedo membandel.

Pembuatan kopi sebagai scrub cukup mudah, hanya dengan menambahkan bubuk kopi dengan air hangat secukupnya. Gosok secara permukaan wajah dengan lembut dan merata, maka komedo pun akan terangkat.

6 dari 7 halaman

Lobak

Tak banyak orang tahu jika lobak juga bisa dijadikan bahan alami mengatasi komedo, terlebih komedo putih yang biasanya terdapat di bagian bawah bibir.

Anda dapat menggunakan lobak sebagai masker selama lima menit lalu bilas menggunakan air hangat. Agar lebih efektif, lobak dapat diparut atau diblender terlebih dahulu sebelum diaplikasikan ke wajah.

7 dari 7 halaman

Tomat

Berbagai produk skin care dari Korea acap kali memasukkan formula tomat. Tomat dipercaya memiliki anti inflamasi yang bagus dalam mencerahkan kulit dan dapat mengangkat sel-sel kulit mati.

Maka untuk menghemat dan memudahkan perawatan wajah, tomat bisa dijadikan opsi yang paling tepat terlebih dalam hal mengusir komedo.

Hanya dengan menghaluskan tomat dan menjadikan masker wajah, manfaat-manfaat tersebut sudah bisa didapatkan.

Lakukan beberapa metode ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

 

Sonya Andomo

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.