Sukses

Cek Syarat dan Ketentuan Sebelum Berlibur ke Taman Nasional Baluran Situbondo

Pemerintah Situbondo mulai membuka kembali taman nasional Baluran pada awal Januari 2022 dengan peraturan baru dan protokol kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah destinasi wisata di Jawa Timur menjadi salah satu pilihan berwisata di tengah pandemi covid-19. Secara berkala, sejumlah objek wisata di Jawa Timur pun kembali dibuka.

Salah satunya Taman Nasional Baluran yang berada di Kabupaten Situbondo Jawa Timur. Pengunjung yang beWisata di TN Baluran ini akan merasakan eksotisme alam.

Sejak dibukanya kembali taman nasional ini, banyak pengunjung yang datang menikmati eksotisme dan suasana berwisata. Pihak pengelola masih memberlakukan protokol Kesehatan secara ketat dan penggunaan aplikasi PeduliLindungi kepada wisatawan.

Selain itu pemesanan tiket masuk juga harus dilakukan melalui online lewat nomer WhatsApp pengelola dan pengunjung wajib menunjukkan identitas diri. Namun, untuk akses menuju TN Baluran ini masih tidak berubah.

Ada beberapa pilihan akomodasi untuk berwisata di TN Baluran Situbondo Jawa Timur. Yakni menggunakan kendaraan pribadi, kendaraan umum bus maupun kereta api.

Jam operasional dan harga tiket di TN Baluran Situbondo masih terjangkau oleh kita. TN Baluran ini diketahui beroperasi sejak pukul 07.30 sampai 16.30 WIB. Untuk tiket haru biasa Rp 15 ribu, dan untuk WNA Rp 150 ribu.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akhir Pekan

Sementara tiket akhir pekan atau hari biasanya naik menjadi Rp 17 ribu untuk WNI dan Rp 225 ribu untuk WNA. Sejumlah destinasi wisata bisa dengan mudah dijelajah jika sudah sampai lokasi dan membayar tiket.

Seperti hutan evergreen atau hutan abadi dengan kondisi sangat subur. Ada pula aliran sungai yang biasanya digunakan cadangan air untuk tumbuhan. Meski sedang terik, TN Baluran bisa jadi sarana berteduh yang tepat.

Panorama sekitar hutan dihiasi dengan Gunung Ijen yang tampak gagah membuat kita tak tertegun. Hingga tujuan akhir berwisata di TN Balurang adalah Pantai Bama.

Meski tak bisa melihat matahari terbenam di sini, kamu bakal dibuat puas dengan panorama Pantai Bama. Namun jangan lupa, berwisata ke TN Baluran harus membawa beberapa peralatan wajib.

Seperti topi dan payung agar tidak kepanasan dan kehujanan. Pakailah sundblock atau lotion yang bisa menahan panas terik matahari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.