Sukses

Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Malang, Ada Kerusakan?

Gempa guncang Malang. apa pemicunya?

Liputan6.com, Malang - Gempa berkekuatan 5,1 Scala Richter guncang Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat (28/01/2022) sekitar pukul 18:20 WIB.

Menurut laman Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jawa Timur, gempa itu terjadi di titik berjarak 445 kilometer tenggara dari Kabupaten Malang, dan memiliki kedalaman gempa sepuluh kilometer.

Adapun titik koordinat gempa tersebut yaitu berada di 12,14 Lintang Selatan (LS) dan 112,86 Bujur Timur (BT). Meskipun gempa tidak berpotensi tsunami, pihaknya mengatakan adanya potensi gempa susulan.

Kepala Stasiun Geofisika Karangkates Malang Ma’muri mengatakan bahwa hingga saat ini masih belum ada laporan dari masyarakat yang mengaku merasakan guncangan akibat gempa, khususnya di wilayah Kabupaten Malang.

"Sejauh ini belum ada informasi dirasakan, namun kami masih terus mencari informasi tersebut," Katanya.

Adapun penyebab gempa tersebut, kata Ma’muri berasal dari aktivitas subduksi lempeng selatan. Meskipun begitu, gempa tidak menimbulkan kerusakan dan kerugian materil.

"Titik terjadinya gempa bumi tersebut berada jauh dari daratan, jadi bisa diprediksi tidak ada kerusakan dan kerugian bangunan," ujarnya.

Kemudian, Pelaksana Tugas (Plt) Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang Sadono Irawan mengatakan, pihaknya masih memantau dampak lanjutan akibat gempa bumi tersebut.

Meskipun begitu, Sadona mengatakan hingga saat ini masih belum ada laporan terkait gempa bumi dirasakan atau dampak kerusakan akibat gempa.

"Saat ini masih dalam pantauan dan belum ada laporan kerusakan," jelasnya.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.