Sukses

Hati-hati, Ada Virus Misterius yang Sebabkan Sapi-Sapi di Madura Mati Mendadak

Liputan6.com, Pamekasan - Sapi peliharaan warga Desa Kara, Kecamatan Torun, Kabupaten Sampang Madura, Jawa Timur mati mendadak tanpa diketahui sebabnya. Sontak hal tersebut membuat geger warga setempat, warga menduga kematian sapi peliharaan akibat serangan virus misterius.

Desa yang mayoritas warganya memelihara hewan ternak sapi itu, banyak yang tidak menyangka akan ganasnya virus yang menyerang sapi peliharaan mereka.

Dari sejumlah sapi yang terserang virus itu, memiliki gejala seperti gemetaran, lemas, dilanjut ambruk lalu mati dengan kondisi mulut sapi mengeluarkan busa.

Salah satu warga Dusun Tenggih Desa setempat bernama Marsudin mengungkapkan, insiden serangan virus ini telah membuat dirinya mengalami kerugian puluhan juta.

"Virus sapi ini sudah menyebar sejak beberapa hari terakhir. Sapi awalnya gemetar lalu ambruk dan mati dengan mulut berbusa," kata Marsudin, Jum'at (28/1/2022).

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Tidak Ada Gejala Sakit

Ia tidak mengetahui pasti kapan virus itu menyerang sapi peliharaannya. Pasalnya sapi peliharaannya tidak memiliki gejala dan kejadiannya pun sangat cepat.

"Tiba-tiba aja sapi peliharaan saya mati mendadak, gejalanya juga gak tau pasti dan gak terdeteksi," papar Marsudin.

Atas kejadian ini, Marsudin berharap kepada dinas terkait untuk segera mengambil langkah cepat untuk bisa menanggulangi persoalan ini supaya tidak meluas ke peternak lainnya.

"Kalau begini terus saya khawatirkan bisa meluas ke peternak lainnya diluar sini, minimal dinas tahu dulu virus apa yang menyerang sapi-sapi milik warga di desa ini," pungkas Marsudin.