Sukses

Mengenang 14 Tahun Wafatnya 'The Smiling General' di Bukit Soeharto Ponorogo

Selain berwisata, pelancong juga dapat belajar tentang sejarah di Bukit Soeharto Ponorogo.

Liputan6.com, Ponorogo - Bukit Soeharto kini menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Jawa Timur. Bagaimana tidak, selain berwisata, para pelancong juga bisa belajar tentang sejarah Presiden ke-2 RI di lokasi wisata yang berada di Desa Badegan, Kabupaten Ponorogo itu.

Seperti namanya, bukit yang berada di perbatasan Provinsi Jawa Timur dan Provinsi Jawa Tengah ini pernah dikunjungi oleh Presiden ke-2 Republik Indonesia, Soeharto. The Smilling General, julukan Soeharto pun membangun monumen diatas bukit itu, sebagai tanda dirinya pernah singgah. Belakangan oleh pemerintah setempat wilayah perbukitan itu kemudian dikelola sebagai destinasi wisata.

"Saya sudah beberapa kali kesini dan tidak bosan. Soalnya disini kita bisa belajar tentang sejarah Pak Harto terutama tentang kiprah dia di Ponorogo," kata Tejo, salah seorang pelancong, Kamis (27/1/2022). 

Wisatawan hanya memerlukan waktu sekitar 25 menit dari Kota Ponorogo menuju ke arah barat dengan menempuh perjalanan sejauh 18 kilometer. Para pelancong dapat menempuh perjalanan tersebut dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Melihat Sunset

Di lokasi wisata, pengunjung hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp7.500 untuk bisa masuk ke bukit yang memiliki luas 6,5 hektare ini. Patung Presiden Soeharto dengan senyum menyunggingnya pun menyambut para pelancong yang masuk lokasi tersebut. 

"Lokasinya indah apalagi untuk melihat Sunset," katanya.

Untuk istirahat dan menikmati alam dari ketinggian, pihak pengelola juga menyediakan beberapa gazebo bagi pengunjung. Lokasinya yang berada di jalur utama antar provinsi pun menjadi salah satu alasan destinasi wisata ini banyak dikunjungi. 

"Bisa jadi rest area. Lumayan istirahat sejenak sambil menikmati pemandangan," dia memungkasi.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.