Sukses

Mengenal Ragam Batik Populer Asli Jawa Timur

Liputan6.com, Jatim - Menjadi salah satu warisan kebudayaan dari Indonesia, batik memiliki corak dan karakteristik pemilihan warna yang berbeda-beda di seluruh pelosok negeri. Batik Jawa Timur contohnya, berbeda dengan batik Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Motif batik Jawa Timur lebih bebas dan tidak terpaku dengan pakem batik Jawa ala Keraton.

Keberagaman motif Batik khas Jawa Timur dipengaruhi oleh budaya asing seperti Tionghoa, Jepang, dan India. Jenis batik khas Jawa Timur lebih kaya akan nuansa alam seperti bunga, laut, bambu, hingga binatang.

Sejumlah daerah di Jawa Timur dikenal dengan hasil batiknya. Daerah ini memiliki motif batik yang khas dan mencirikan identitas daerahnya masing-masing. Apa saja jenis-jenis batik yang populer di Jawa Timur?

Saksikan juga video pilihan berikut ini :

2 dari 3 halaman

Berikut Deretan Batik Asli Jawa Timur

Batik Mojokerto

Sebagai pusat pemerintahan Majapahit, motif batik Mojokerto memiliki corak khas kerajaan seperti batik di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Motif paling terkenal yaitu Batik Kalangbret yang memiliki warna dasar putih dengan corak berwarna coklat muda dan biru tua.

Batik Malang

Batik Malangan memiliki ciri khas motif yang mengambil ikon dari kota Malang. Padu padan rumbai singa, mahkota, bunga teratai, arca, tugu kota, hingga topeng malangan membuat batik dari Kota Kembang ini sangat menabjubkan.

Batik Pacitan

Batik ini cenderung memiliki corak klasik Jawa. Motif yang kerap ditemui di Pacitan di antaranya adalah Sidomulyo, sekar jagad, semen romo dan kembang-kembang.

Batik Tuban

Batik tuban memiliki jenis corak yang dipengaruhi oleh budaya khas Tionghoa. Jenis batik yang populer di daerah ini adalah motif lok chan. Ada juga motif motif macanan dan guntingan. Batik Tuban cenderung sering menggunakan warna biru tua, merah, dan kuning.

Batik Tuban juga merupakan salah satu jenis batik yang sangat khas di Jawa Timur. Ini karena pembuatan batik dimulai dari pertama kapas dipital menjadi kain hingga menghasilkan batik bermotif dan berwarna indah.

Batik Tulungagung

Batik dari Tulungagung merupakan salah satu jenis batik tertua di Jawa Timur. Motif batik Tulungagung yang paling terkenal adalah buket ceprik gringsing, buket ceprik pacit ungker dan lerang buket.

Batik Kediri

Berikut, batik Kediri terkenal dengan motif bulatan dan titik-titiknya yang khas. Motif bulatan ini menggambarkan warga Kediri yang lembut dan ramah.

3 dari 3 halaman

Deretan Batik Asli Jawa Timur

Batik Jombang

Batik Jombang memiliki warna khas yaitu merah dan hijau. Motif batik Jombang banyak menggunakan tawang dan kaning.

Batik Ponorogo

Corak batik Ponorogo tak jauh dari ciri khas daerah ini yaitu Reog. Motif batik Ponorogo yang terkenal di antaranya adalah merak tarung, merak romantis, sekar jagad dan motif reog.

Batik Magetan

Batik Magetan terkenal dengan coraknya yang dinamai Pring Sedapur. Motif batik ini didominasi oleh gambar-gambar tanaman bambu yang mengandung arti hidup rukun dan tentram.

Batik Banyuwangi

Batik Banyuwangi memiliki motif yang dipengaruhi oleh gambaran kekayaan alam. Motif batik Banyuwangi di antaranya adalah motif Gajah Oling, Kangkung Setingkes, Alas Kobong, Paras Gempal, Kopi Pecah, Gedegan, dan masih banyak lagi.

Batik Lamongan

Batik Lamongan memiliki ciri khas motif yang rumit dan kecil. Batik Lamongan, khususnya batik Tradisional termasuk jenis batik tulis yang dibuat dengan detail cukup rumit. Batik Lamongan memiliki corak kekayaan alam seperti bunga, hewan, buah, dan daun.

Batik Bojonegoro

Batik Bojonegoro atau Jonegoroan memiliki corak yang menunjukkan ciri khas kabupaten tersebut. Motif yang banyak ditemukan di batik Bojonegoro di antaranya adalah motif padi, motif gatra, motif daun jati, motif khayangan api, motif jagung, motif mliwis putih, motif tembakau, motif motif sapi, dan motif wayang thengul.

 

Sonya Andomo