Sukses

Kuliner Legendaris Khas Ngawi, Hati-hati Nanti Ketagihan

Liputan6.com, Ngawi - Terletak di perbatasan antara Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah, Kabupaten Ngawi memiliki keunikan kuliner cita rasa yang khas. Mulai dari bahan-bahan yang tak biasa hingga unik yang tak bisa ditemukan di tempat lain.

Kuliner khas Ngawi hingga sekarang masih eksis dan wajib menjadi incaran para wisatawan yang berkunjung ke daerah itu.

Berikut kuliner khas Ngawi yang terbilang sangat wajib dicicipi dan juga bisa sebagai oleh-oleh:

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

2 dari 6 halaman

Ratu Menyok

Ratu Menyok memiliki bentuk seperti kue bolu pada umumnya. Namun, yang membedakan ialah bahan dasar yang digunakan.

Jika kebanyakan kue menggunakan tepung terigu, Ratu Menyok ini biasa menggunakan ubi-ubian.

Mulai dari ubi madu, hingga ubi jalar atau singkong. Untuk menambah cita rasa dan semakin disukai banyak kalangan, Ratu Menyok sendiri terdiri dari rasa coklat dan keju.

3 dari 6 halaman

Ledre

Makanan ini salah satu jajanan tradisional yang cukup banyak ditemui di toko oleh-oleh khas Ngawi. Makanan berbahan dasar tepung beras, pisang, santan dan gula pasir ini selalu menjadi incaran para wisatawan.

Bahkan, tak sedikit pula wisatawan yang menyebut jika ledre cukup memiliki tampilan mirip dengan kue semprong.

4 dari 6 halaman

Dodol

Berbeda dengan dodol yang identik oleh-oleh dari Jakarta, dodol yang dijual di pusat oleh-oleh Ngawi sendiri memiliki bahan dasar jambu merah.

Bahkan, tak sedikit pula kemasan yang dibuat berwarna merah agar sesuai dengan tampilan jajanan ini. Biasanya, dodol jambu ini dijual menggunakan besek atau wadah dari anyaman bambu.

5 dari 6 halaman

Jenang

Mirip seperti dodol, dibeberapa daerah terutama Jawa Tengah dan Jawa Timur, jenang menjadi salah satu jajanan tradisional yang cukup mudah ditemui.

Memiliki tekstur yang mirip dengan dodol, jenang khas ngawi ini pun dibuat dengan bahan dasar tepung ketan.

6 dari 6 halaman

Coklat Tempe

Di beberapa daerah Anda mungkin akan menemukan cokelat sebagai oleh-oleh. Biasanya Anda akan menemukan cokelat dengan isian kacang mete ataupun almond.

Namun, di Ngawi sendiri coklat memiliki isian yang cukup unik, yaitu tempe. Ya, cokelat tempe menjadi salah satu oleh-oleh unik khas Ngawi yang wajib dicoba.

 

Sonya Andomo