Sukses

Bikin Candu, ini Deretan Wisata Alam di Banyuwangi yang Wajib Disambangi

Liputan6.com, Banyuwangi - Menjadi kota paling timurnya Pulau Jawa membuat Banyuwangi kaya akan keanekaragaman yang elok. Terutama wisata pantai yang siap memanjakan mata Anda.

Tak hanya pantai, namun juga wisata gunung Ijen Banyuwangi yang dapat Anda jajal, sangat cocok untuk Anda yang hobi menjelajah.

Berikut kami rangkum beberapa daftar wisata alam Banyuwangi yang wajib kamu kunjungi jika berkunjung ke kota paling timur Pulau Jawa ini.

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

2 dari 6 halaman

Bangsring Underwater

Tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan bawah laut dengan luas area mencapai 15 hektar. Wisata bawah laut yang merupakan area konservasi terumbu karang. Tempat wisata ini terletak di Jalan Situbondo-Banyuwangi, Bangsring, Banyuwangi.

Berhubungan dengan wisata bawah laut, pengunjung akan disediakan fasilitas menyelam, alat untuk snorkeling dan diving.

Para pengunjung juga bisa mengikuti proses menanam terumbu karang. Terdapat pula rumah apung yang digunakan sebagai penangkaran ikan hiu, ikan hias serta penyu.

Ga tangoing-tanggung, di Bangsring Underwater juga tersedia wahana air seperti bola air dan jet ski. Kamu atau siapapun dapat meminjamnya dengan tarif tertentu dan sudah bisa bermain wahana air sepuasnya.

3 dari 6 halaman

Pantai Sukamade

Termasuk ke dalam kawasan TN Meru Betiri, Pantai Sukamade menjadi objek wisata favorit keluarga. Pasalnya, di tempat ini pengunjung bisa belajar mengenai penangkaran penyu.

Anda juga dapat melepaskan tukik kembali ke habitas aslinya ika mengunjungi pantai ini di pagi hari. Adapun jadwal pelepasan tukik yaitu sekitar jam 05.30 – 06.00 WIB.

Taman Nasional (TN) Meru Betiri berada di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Kawasan ini mencakup dua kabupeten, yaitu Banyuwani dan Jember.

TN Meru Betiri memiliki bentangan alam dengan 449 jenis flora dan 32 jenis fauna di dalamnya. Jika kamu hendak kesana, kamu butuh waktu jam 30 menit perjalan dengan mobil dari Kawah Ijen.

Berwisata di TN Meru Betiri tidak bisa dilakukan dengan one day trip. Artinya, pengunjung harus menginap. Namun tenang saja, telah disediakan guest house dan lodge dengan fasilitas lengkap disana.

4 dari 6 halaman

Kawah Ijen

Kawah Ijen dikenal dunia dengan fenomena api biru alami yang langka. Konon, fenomena api biru ini hanya ada dua di dunia, yaitu di Negara Irlandia dan di Kawah Ijen. Wisata Kawah Ijen terletak di Gunung Ijen, perbatasan Bondowoso dan Banyuwangi.

Pengunjung dapat menyaksikan fenomena api biru tersebut pada malam hingga dini hari sebelum sunrise atau subuh. Oleh sebab itu, pengunjung disarankan melakukan pendakian pada malam hari. Wisata di Kawah Ijen memakan waktu kurang lebih selama 2,5 jam naik mobil dari Kota Banyuwangi.

5 dari 6 halaman

Air Terjun Kalibendo

Objek wisata Air Terjun Kalibendo terletak di Dusun Krajan, Kampung Anyar, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi. Air terjun yang terletak di utara Banyuwangi, berada satu jalur dengan objek wisata Kawah Ijen.

Jarak tempuh Air Terjun Kalibendo sendiri sekitar 1 jam dari pusat kota. Untuk bisa menyaksikan wisata alam ini, kamu harus berjalan menyusuri sungai sejauh 500 meter.

6 dari 6 halaman

Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah berada di Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Dari TN Meru Betiri, pengunjung dapat menempuh perjalanan ke arah timur selama sekitar 4 jam.

Di pulau ini, pengunjung dapat melihat sebuah pulau setinggi 200 meter di pantai. Konon, tanah di pulau itulah yang berwarna merah. Pantai ini cocok bagi wisatwan yang ingin mencoba berselancar.

Ombak sekitar dua meter dan batu karang yang jarang membuat pengunjung bisa berselancar dengan bebas.