Sukses

6 Cara Ampuh Mengusir Kecoa yang Meresahkan di Rumah

Liputan6.com, Jatim - Keberadaan kecoa di rumah yang tiba-tiba memang menyebalkan. Kecoa biasanya mudah ditemui di sudut-sudut rumah atau di kamar mandi.

Tidak hanya mengganggu, binatang berwarna coklat ini sangat berbahaya karena dapat menjadi sumber datangnya penyakit. Memang kecoa di rumah tidak dapat menyebabkan penyakit secara langsung.

Binatang yang dapat hidup berminggu-minggu tanpa kepala ini diyakini mampu menyebarkan bakteri penyebab penyakit pada manusia, seperti salmonella, staphylococcus, dan streptococcus.

Lalu, bagaimana cara mengusir kecoa? berikut Liputan6.com rangkum untuk Anda.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

2 dari 7 halaman

Daun Salam

Selain digunakan untuk bahan untuk memasak, daun salam juga bisa membasmi kecoa. Cara membasmi kecoa dengan daun salah tidaklah sulit.

Anda hanya harus menghaluskan beberapa lembar daun salam. Kemudian letakkan ramuan daun salam tersebut di sudut ruangan atau tempat biasa kecoa bersarang di rumah.

3 dari 7 halaman

Kopi

Kopi juga bisa Anda manfaatkan untuk membasmi kecoa. Binantang ini tak menyukai aroma kuat, nah kopi memiliki aroma kuat yang pastinya tak disukai kecoa.

Anda cukup menebar biji atau bubuk kopi pada tempat yang kerap didatangi kecoa. Selain mengusir kecoa, kopi juga bisa menyerap aroma tak sedap yang ditinggalkan oleh binatang ini.

4 dari 7 halaman

Lemon

Zat antipathogenic yang ada pada lemon mampu mencegah kecoa, tak hanya itu, lemon juga bisa mencegah pertumbuhan kuman yang menjadi habitat binatang ini.

Cara mengusir kecoa dengan lemon bisa dilakukan dengan menyemprotkan air perasan pada bagian-bagian rumah yang kerap didatangi kecoa.

Anda juga bisa mulai membiasakan mengepel rumah dengan air dicampur perasan jeruk lemon agar mencegah kecoa tak datang kembali.

5 dari 7 halaman

Soda Kue dan Gula

Campuran sederhana soda kue dan gula diyakini bisa membasmi kecoa. Anda hanya harus mencampur soda kue dan gula dengan porsi bagian yang sama.

Lalu, taburkan di area di mana kecoa terlihat, bisa juga di sarang kecoa jika terlihat. Soda kue memang tidak beracun seperti asam borat. Namun, jika sudah bercampur dengan asam lambung kecoa, menyebabkan hewan ini mati seiring waktu.

6 dari 7 halaman

Minyak Peppermint

Minyak esensial ini biasanya digunakan untuk aromaterapi atau pewangi ruangan, ternyata minyak pepermint bisa juga digunakan untuk membasmi kecoa.

Cara meramunya juga mudah, Anda cukup mencampurkan air garam dan minyak peppermint dalam sebuah wadah. Kemudian semprotkan ke area biasa dihuni kecoa.

7 dari 7 halaman

Rutin Bersihkan Rumah

Nah, cara yang terakhir yang paling efektif adalah membersihkan seluruh ruangan di rumah secara rutin. Sebab, kecoa menyukai tempat-tempat kotor atau banyak barang menumpuk.

Ketika rumah lebih rapi dan bersih, ini menjadi cara mengusir kecoa yang bisa dilakukan secara alami.