Sukses

Rekomendasi Makananan Membantu Program Diet Sehat

Beragam cara dilakukan untuk melakukan diet sehat dengan menu makanan yang tidak terlalu ketat untuk dikonsumsi sehingga menjaga tubuh tetap prima

Liputan6.com, Jakarta Diet tidak semudah yang dibayangkan, salah strategi bisa-bisa malah membawa dampak buruk bagi kesehatan badan kita. Itu sebabnya, cara diet perlu diperhatikan dan memerlukan ketelatenan dan paduan yang tepat untuk menjalankannya.

Tidak sedikit orang menilai jika diet sehat diharuskan untuk mengurangi jumlah asupan makanan. Dalam usaha menurunkan berat badan dan menjaga bentuk badan, dianjurkan memperhatikan konsumsi makanan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini menu diet sehat serta anjuran makan agar menjaga tubh tetap stabil:

Sayur dan Buah

Sayur dan buah perlu dikonsumsi setelah mengkonsumsi makanan pokok, hal itu dimaksudkan untuk menyeimbangkan kebutuhan gizi dalam badan kita.

Bukan hanya itu, kedua asupan makanan ini juga untuk mengantisipasi dari penyakit-penyakit kronis. Mengingat, sayur dan buah memiliki sejumlah manfaat bagi badan kita seperti vitamin, mineral dan serat.

Berikut sejumlah sayur dan buah dalam rangka menjalankan program diet :

- Apel

- Pisang

- Brokoli

- Wortel

- Anggur

- Paprika

- Kentang

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Gandum

Beberapa ahli menyarankan untuk bisa mengkombinasikan gandum utuh pada menu makanan diet yang sedang dikonsumsi. Hal itu karena, gandung utuh mengandung sejumlah mineral yang kaya seperti vitamin B9, zat besi, Kalium dan magnesium.

Selain membuat perut akan cepat terasa kenyang, gandum utuk juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk badan kita. Berikut sejumlah gandum utuh yang disarankan :

- Beras Merah

- Soba

- oatmeal

- Roti Gandum

- Popcorn

3 dari 5 halaman

Protein Rendah Lemak

Protein pun menjadi sumber energi yang diperlukan tubuh, terutama dalam cara mengikuti diet yang sehat. Namun, terlalu banyak protein, terutama yang mengandung tinggi lemak, dapat membahayakan kesehatan, termasuk obesitas.

Melansir organisasi kesehatan dunia WHO, mengurangi jumlah asupan lemak total hingga kurang dari 30% membantu mencegah kenaikan berat badan yang tidak sehat.

Berikut sejumlah protein rendah lemah yang bisa dijadikan rekomendasi dalam program diet :

- Ikan

- Daging Putih

- Telur

- Tahu

- Kacang Polong

- Susu Rendah Lemak

4 dari 5 halaman

Camilan Rendah Kalori

Bukan berarti dalam menjalankan program diet dilarang untuk mengkonsumsi cemilan, karena sampai saat ini terdapat sejumlah cemilan yang memiliki kandungan rendah kalori dan gula yang rendah.

Oleh karena itu, dianjurkan untuk membeli cemilan agar bisa melihat kandungan gizi yang terdapat dalam cemilan.

Berikut cemilan yang bisa dikonsumsi selama menjalankan program diet :

- Keripik Kelapa

- Telur Rebus

- Yogurt

- Smoothies

- Edamame

5 dari 5 halaman

Batasi Gula dan Garam

Diet biasanya tidak akan berhasil tanpa mengurangi asupan gula, garam, dan minyak. Membatasi ketiga komponen ini dianggap cara efektif dalam menjalani diet.

Kementerian Kesehatan RI merekomendasikan untuk membatasi porsi gula, garam dan lemak melalui prinisi G4G1L5, yaitu:

- Gula 4 sendok makan per hari

- Garam 1 sendok teh per hari

- Lemak 5 sendok makan per hari

Demikian penjelasan sejumlah cemilan yang bisa di konsumsi selama jalankan program diet sehat. Semoga dalam program diet yang dijalani akan tetap lebih berwarna dengan mengkonsumsi cemilan yang sehat.

Penulis: Devteo Mahardika Prakoso

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.