Sukses

Ini Tips Mudah Mengelola Stres Agar Hidup Lebih Bahagia

Liputan6.com, Jatim - Di dunia ini, mungkin tak ada orang yang tidak pernah mengalami stres. Namun kondisi stres tidak boleh Anda biarkan berlarut karena dapat menimbulkan gangguang kesehatan.

Stres merupakan hal yang wajar, beragam persoalan kehidupan dapat memicu stres. Namun stres dapat berdampak negatif bila sering dan terjadi berkepanjangan.

Stres dapat diatasi dengan mencari titik permasalahan yang sedang terjadi dalam hidup Anda. Setelah akar persoalannya didapat dan ditemukan jalan ke luar, maka stres akan teratasi dengan sendirinya.

Namun apa jadinya jika penyebab stres belum teratasi? berikut Liputan6.com rangkum cara mengelola stres untuk Anda.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

2 dari 7 halaman

Olahraga Rutin

Olahraga merupakan solusi dari banyak permasalahan dalam hidup, termasuk stres. Dengan berolahraga, otot di tubuh akan lebih rileks sehingga bisa membantu memperbaiki suasana hati.

Tak perlu olahrga berat untuk melepas stres, cukup dengan olahraga sederhana, misalnya jalan santai, lari, atau bersepeda.

3 dari 7 halaman

Mengungkapkan Keluh Kesah

Apa pun yang Anda alami yang menjadi penyebab stres, harus dibagi dengan orang lain yang dipercaya. Jika Anda tak punya pilihan bercerita dengan siapa, bisa meminta bantuan psikolog.

Mengungkapkan keluh kesah sama dengan membagi sedikit beban yang sedang dipikul, sehingga hal itu bisa membantu perasaan Anda jauh lebih baik.

4 dari 7 halaman

Meditasi

Melakukan meditasi dapat menurunkan kadar hormon stres. Meditasi atau yoga selama 10 hingga 15 menit dapat membantu menenangkan pikiran. Anda disarankan melakukan meditasi empat hingga lima kali dalam seminggu.

5 dari 7 halaman

Aktivitas Positif

Ketika stres, Anda juga disarankan melakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan. Kegiatan itu tergantung pada diri sendiri atau sesuai dengan hobi. Misalnya melukis, memasak, berkebun atau memancing.

Melakukan hal yang menyenangkan membuat tubuh menghasilakn hormon bahagia yakni dopamin, percayalah hal itu akan membantu Anda lebih rileks.

6 dari 7 halaman

Fokus

Jangan biarkan hari-hari berat yang sedang Anda rasakan membuat Anda terjebak dan berlarut-larut, live must go on.

Anda tetap harus menjalani hidup dan tak perlu menambah beban yang Anda rasakan dengan mengkhawatirkan apa yang akan terjadi nanti.

7 dari 7 halaman

Hidup Sehat

Terakhir, yang dapat Anda lakukan untuk mengelola stres adalah dengan menerapkan pola hidup sehat.

Konsumsi makanan bernutrisi, tidur yang cukup, tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, tidak merokok, dan tidak menggunakan narkoba.

Namun, jika Anda merasakan tak mampu mengelola stres dan berlarut-larut, maka Anda disarankan untuk berkonsultasi ke psikolog atau psikiater.