Sukses

Makanan Hasil Bumi Mengatasi Asam Lambung Mudah Dicari

Liputan6.com, Jakarta Liputan6.com, Jakarta: Menderita penyakit asam lambung membuat seseorang lebih ketat mengatur pola makan. Sebab, sifat asam lambung yang memiliki kadar PH yang rendah.

Oleh karena itu, penderita asam lambung perlu memperhatikan dengan teliti kadar asam dari setiap makanan yang dimakan. Untuk menetralisir kadar asam rendah, maka harus mendapat asupan PH tinggi atau disebut alkali.

Namun tak perlu khawatir, kondisi tersebut bisa dicegah dengan mengkonsumsi makanan berserat tinggi. Ini bisa menjadi alternatif jika kita khawatir akan efek samping ketika mengkonsumsi obat asam lambung.

Berikut beberapa makanan berserat yang disarankan bagi pengidap penyakit asam lambung dari informasi yang dirangkum Liputan6.com:

Biji-bijian

Sejumlah sumber makanan dari biji-bijian yang dapat menjadi rekomendasi bagi pengidap penyakit asam lambung diantaranya kacang hijau, kacang merah, oatmeal, dan kacang tanah.

Saksikan video pilihan berikut ini

2 dari 2 halaman

Umbi dan Sayuran

Dari berbagai macam umbi-umbian sangat baik dikonsumsi oleh pengidap penyakit asam lambung seperti uni jalar, singkong, kentang, wortel dan bengkoang.

Sayuran

Jenis sayuran yang baik dikonsumsi oleh pengidap penyakit asam lambung yakni jenis sayuran hijau yang miliki serat tinggi. Seperti asparagus, brokoli, kembang kol, maupun sawi.

Dengan makanan berserat ini salah satu cara untuk pengidap penyakit asam lambung.

Karena penyakit asam lambung diakibatkan banyaknya cairan asam didalam lambung. Maka kita perlu banyak mengkonsumsi makanan yang basah dengan kandungan alkali yang tinggi untuk bisa menetralkan asam lambung.