Sukses

5 Wisata Kuliner Legendaris di Surabaya ini Bikin Ngeces

Kuliner yang ditemui memiliki ciri khas tersendiri baik dari rasa hingga nama bahkan memiliki kesan tersendiri untuk para penikmat kuliner tradisional

Liputan6.com, Surabaya - Berwisata ke Surabaya kurang lengkap kalau belum mencicipi ragam kulinas khasnya. Baik kuliner modern, tradisional maupun kuliner hasil pengembangan yang sudah ada.

Wisata kuliner Surabaya memiliki cita rasa yang khas, sehingga wajib kamu coba saat berkunjung. Berbagai jenis makanan seperti rawon, rujak cingur, hingga sate khas Surabaya tentunya sudah tidak asing lagi di telinga para penikmat kuliner.

Pengunjung bisa mencicipi berbagai jenis kuliner dengan rasa yang berbeda beda, dari manis, pedas, hingga gurih, sesuai selera. Bahkan, kuliner yang ditemui memiliki ciri khas tersendiri baik dari rasa hingga nama.

Berikut rekomendasi kuliner Surabaya dirangkum dari berbagai sumber liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pecel Semanggi

Pecel semanggi merupakan makanan yang berasal dari Surabaya, Jawa Timur. Pecel semanggi khas Surabaya ini terdiri dari daun semanggi, tauge atau kecambah, kangkung, kerupuk uli, dan bumbunya yang berbahan dasar ketela yang di padukan dengan sambal. Makanan ini biasa di sajikan dengan alas daun pisang.

Tiap daerah di Jawa Timur memang mengenal kuliner pecel semanggi, tetapi sambalnya mempunyai cita rasa yang berbeda. Kamu bisa menemukan pecel semanggi di beberapa tempat makan di Surabaya, antara lain di Jalan Diponegoro No.56, Jalan Gembong 20-30, dan di Surabaya Plaza Hotel. Harga pecel semanggi juga termasuk relatif terjangkau. 

3 dari 6 halaman

Lontong Balap

Lontong balap merupakan salah satu kuliner Surabaya yang khas. Varian menu yang disajikan dalam Lontong balap terdiri dari lontong, tahu goreng, tauge, lentho, bawang goreng, kecap dan sambal dipadu kuah segar.

Tidak lengkap menyantap Lontong Balap Surabaya apabila tidak dengan sate kerang. Lontong balap ini banyak ditemui di seluruh kawasan Surabaya. Mulai dari yang berkeliling hingga kedai makan atau restauran.

 

4 dari 6 halaman

Lontong Kupang

Kuliner ini berbeda dengan lontong balap. Kupang merupakan sejenis kerang berukuran kecil yang bisa ditemui di Surabaya. Kupang ini punya tekstur yang unik dan sedikit seperti pasir tapi rasanya enak.

Pengunjung yang berlibur di Surabaya, direkomendasikan untuk makan lontong kupang ini. Lontong kupang juga mudah ditemui di sejumlah tempat di Surabaya.

 

 

5 dari 6 halaman

Rawon Setan Mbak Endang

Rawon merupakan kuliner Surabaya yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung di kota Pahlawan. Rawon Setan Mbak Endang yang ada di Jalan Embong Malang, Surabaya merupakan depot rawon setan yang asli dan pertama di Indonesia.

Disebut dengan rawon setan karena warung ini hanya buka di malam hari saja. Daging rawon disini cukup besar dan juga empuk. Rasa kuahnya begitu menggugah selera. Terletak di tengah kota, membuat rumah makan rawon setan ini enggak pernah sepi pengunjung.

 

6 dari 6 halaman

Sego Sambel Wonokromo Mak Yeye

Surabaya dikenal dengan kuliner malamnya yang menggugah selera. Jika kamu pencinta kuliner pedas dan merasa lapar saat malam hari wajib mencicipi kuliner Surabaya satu ini. Di jalan Jagir Wonokromo Wetan no. 12, Jagir, Wonokromo, Surabaya kamu bisa menyantap makanan saat malam hari di warung Sego Sambel Wonokromo Mak Yeye.

Namun, kamu harus rela mengantre untuk mendapatkan kelezatan sajian di warung ini. Menunya boleh jadi sederhana, tetapi urusan rasa, Sego Sambel Mak Yeye memang juara. Nasi hangat dengan lauk iwak pe alias ikan pari yang dibaluri sambal merah menyala, bisa-bisa membuat kamu ketagihan. Jika tak ingin iwak pe, ada juga beragam lauk sederhana lainnya.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.