Sukses

Pelajar Berusia 16 Tahun Tertular Omicron di Lamongan

Liputan6.com, Lamongan - Seorang remaja perempuan berusia 16 tahun terkonfirmasi positif Covid-19 varian omicron di Lamongan. Satgas Covid-19 Lamongan pun hingga kini masih mencari tahu dari mana remaja yang masih duduk di bangku SMP tersebut tertular Omicron.

"Iya benar, ada satu warga di Lamongan terpapar varian Omicron. Dia seorang remaja perempuan berumur 16 tahun," Ketua Tim Preventif dan Promotif Satgas Covid-19 Lamongan, dr Taufik Hidayat, Sabtu (22/1/2022). 

Taufik juga menerangkan bahwa pihaknya kini tengan menelusuri apakah remaja tersebut tertular dari transmisi lokal atau transmisi luar. Untuk mencegah penyebarannya meluas, remaja perempuan itu pun kini telah menjalani isolasi. 

"Sudah kita isolasi disalah satu rumah sakit di lamongan," sebutnya.

Taufik menerangkan bahwa pasien tersebut diketahui terpapar omicron saat dirinya datang ke rumah sakit untuk untuk menjalani operasi penyakit hemoroid yang dideritanya sejak 4 tahun lalu. Namun, remaja tersebut menunjukkan hasil reaktif saat menjalani tes usap cepat antigen.

"Karena sudah menjadi SOP setiap pasien yang akan masuk ruang operasi harus melaksanakan Swab Antigen dan ternyata hasilnya positif," terangnya. 

Remaja tersebut kemudian menjalani tes usap PCR dan menunjukkan hasil positif omicron. Beruntung gejala yang dialami oleh pelajar itu hanya gejala ringan. 

"Ternyata hasilnya juga positif Covid-19 dan dideteksi terpapar varian Omicron. Alhamdulillah dengan gejala ringan, karena pasien sudah pernah divaksin," katanya.

 

Simak juga video pilihan berikut ini: