Sukses

Dear Pelancong, ini Pantai di Jawa Timur yang Wajib Disambangi

Liputan6.com, Jatim - Berdekatan langsung dengan Samudera Hindia, Provinsi paling timur di Pulau Jawa ini menyimpan keanekaragaman pantai yang memiliki keunikannya masing-masing.

Mulai dari ombak terbaik bagi para peselancar, lokasi yang instagrammable, hingga lokasi yang tempat untuk kamu healing melepas penat bekerja.

Yuk, simak lima pantai dengan nuansa dan ombak terbaik di Jawa Timur.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

2 dari 6 halaman

Pantai Pulau Merah

Deburan ombak tinggi dan pasir putih sepanjang tiga kilometer membuat siapapun akan berdecak kagum dengan ciptaan tuhan yang satu ini. Suasana yang syahdu dan hangat dari pantai ini sangat cocok untuk berselancar atau surfing.

Keelokan alam dan tingginya ombak di Pantai Pulau Merah tidak lagi diragukan, bahkan Presiden ANSA (Assosiasi Selancar Indonesia) pernah mengatakan bahwa pemandangan dan ombak Pantai Pulau Merah merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia.

Selain untuk tempat berselancar, ratusan meter pasir putih juga akan menarik perhatian siapapun untuk berkunjung, sehingga pantai ini juga cocok untuk dijadikan tempat liburan dengan keluarga atau orang terdekat.

3 dari 6 halaman

Pantai Klayar, Pacitan

Hal yang menarik dari pantai Klayar yaitu hamparan pasir putih, batu karang serta tebing-tebing yang mengelilingi pantai begitu rupa yang dapat memanjakan mata siapapun memandangnya.

Pantai Klayar adalah salah satu tempat wisata pantai paling populer di Jawa Timur. Pantai yang terletak di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur ini juga menyediakan melihat keindahan pantai dari atas tebing. Dengan usaha sedikit lebih keras, kamu akan menyaksikan pulau dari cara lain.

Terdapat sebuah fenomena unik di Pantai Klayar, yaitu adanya sebuah celah di batu karang. Ketika ombak datang dengan cukup deras. sebagian airnya akan masuk ke dasar batu dan menyembur ke atas seolah-olah sebuah air mancur raksasa yang bisa mencapai ketinggian sekitar 10 meter dengan di iringi bunyi seperti suara mirip siulan yang oleh banyak orang disebut Seruling Laut.

4 dari 6 halaman

Pantai Pasir Putih, Situbondo

Nama pantai ini terinspirasi dari tenangnya ombak yang beradu dengan putihnya pasir pantai yang menimbulkan nuansa tenang dan chill. Pantai Pasir Putih juga menyajikan wisata bawah laut yang menakjubkan.

Pasalnya, terumbu karang yang masih terjaga dan aneka ikan warna warni membuat petualanganmu yang sensasional.

Pantai Pasir Putih terletak di Dusun Kembangsari, Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Pantai ini juga menawarkan pepepohonan hijau disepanjang garis pantai. LOkasi yang sangat strategis, menjadikan Pantai Pasir Putih banyak di kunjungi oleh wisatawan.

5 dari 6 halaman

Pantai Bandealit, Jember

Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan nama Pantai Bandealit. Wisata Pantai paling populer di Kabupaten, Jember, Jawa Timur ini berada di kawasan Taman Nasional Meru Beriti, Jawa Timur. Panorama pantai yang sangat memukau dengan hamparan pasir putih yang sangat luas serta rimbunnya pepohonan menjadikan pantai ini memberikan ketenangan dan keindahan yang sangat luar biasa.

Dengan ombak yang cukup besar, Anda dapat melakukan olahraga selancar (surfing)sambil berjemur matahari (sunbathing) di pantai ini. Untuk Anda yang hobi memancing, Anda dapat melakukan aktivitas memancing di Pantai Bandealit dengan aneka ikan yang berada di sekitar bibir pantai.

Nah untuk Anda yang memiliki hobi fotografer, Anda dapat melakukan aktivitas pemotretan, karena pemandangan di Pantai Bandealit memang sangat menakjubkan sehingga banyak fotografer profesional mengambil gambar dari pantai ini.

6 dari 6 halaman

Pantai Plengkung, Banyuwangi

Pantai Plengkung terkenal hingga sampai keujung dunia. Hal ini karena Pantai Plengkung yang terletak di Taman Nasional Alas Purwo ini, memiliki ombak yang sangat tinggi dan besar, sehingga banyak mengundang minat para peselancar tingkat dunia untuk menaklukkannya.

Pantai Plengkung diakui sebagai spot surfing terbaik di Asia Tenggara dan ombaknya termasuk satu dari tujuh ombak terbaik di dunia.

Ombak di tempat ini sungguh besar dan konsisten merupakan hasil pengaruh arus Antartika, yang terbawa oleh Samudera Hindia. Dengan sudut teluk yang tepat, ombak yang dihasilkan adalah sempurna.

Ketinggian ombaknya konon bisa mencapai 4-8 meter dengan panjang 2 kilo meter, serta memiliki formasi gelombang tujuh bersusun, sangat menantang bagi pecinta surfing untuk mencobanya.

Ombak di pantai ini dibagi menjadi 3 tingkatan yaitu Kong Waves (tinggi ombak mencapai 6-8 meter), Speedis Waves (5-6 m), dan Many Track Waves (3-4 m). Ombak tingkat terakhir (many track) biasanya digunakan para peselancar pemula untuk mengasah skill mereka.

 

Penulis: Sonya Andomo