Sukses

Sensasi Mendaki di Gunung Puthuk Gragal Mojokerto

Ada beberapa pilihan estimasi perjalanan menikmati Gunung Puthuk Gragal Mojokerto sehingga dapat dinikmati bagi sebagian masyarakat yang tidak punya banyak waktu berlibur

Liputan6.com, Mojokerto Menikmati alam bebas menjadi bagian dari aktivitas sehari-hari masyarakat terutama generasi muda. Mulai dari mendaki gunung, berkemah dan aktivitas lainnya.

Gunung Puthuk Gragal di Desa Cembor Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto menjadi salah satu pilihan untuk menikmati wisata trekking maupun berkemah pada akhir pekan.

Gunung ini, cocok didaki oleh para pendaki yang tidak memiliki waktu banyak untuk berlibur alias kurang piknik.

Di kawasan gunung tersebut, terdapat air terjun yang indah untuk dinikmati setelah mendaki. Ada beberapa pilihan estimasi perjalanan menikmati Gunung Puthuk Gragal Mojokerto.

Pengunjung bisa menyusun rencana perjalanan hari pertama menikmati keindahan puncak gunung. Kemudian di hari keduanya menikmati air terjun lalu pulang.

Pilihan lain yakni pengunjung bisa berangkat sore hari, mendirikan tenda dan bermalam di Pos 4. Kemudian, pada pagi hari bergegas ke puncak gunung dan dilanjutkan mandi di air terjun sebelum pulang.

Estimasi perjalanan mendaki Gunung Puthuk Gragal Mojokerto dibawah Rp 50 ribu rupiah. Para pendaki cukup membayar karcis sebesar Rp 10.000 per orang pada loket atau di pos perijinan dan parkir kendaraan sebesar Rp 10.000.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalur Pendakian

Untuk menuju pos 1 Watu Ceper medan jalan masih landai. Pendaki bisa jalan dengan santai.

Kicauan burung mengiringi perjalanan para pendaki menuju pos pendakian. Suara aliran air hingga jembatan kayu yang instagramable menjadikan pengalaman mendaki semakin berkesan.

Sementara itu, lokasi tempat air terjun berada di pos 2 Bukit Gamblu, pos 3 Hutan Genjret dan pos 4 Tanjakan Celeng. Setelah itu, pendaki memasuki kawasan puncak Gunung Puthuk Gragal.

Namun demikian, rute menuju puncak ini pendaki akan membutuhkan tenaga ekstra karena jalur pendakian mulai menanjak. Untuk menuju puncak Gunung Puthuk Gragal dari Pos 4 bisa ditempuh dengan estimasi waktu kurang lebih dua jam saja.

Langkah kaki akan lebih ringan jika barang-barang ditinggalkan dalam tenda yang dibangun di Pos 4. Rasa lelah selama menuju ke puncak akan terbayar dengan pemandangan yang indah di ketinggian 1480 mdpl.

Terdapat pemandangan Gunung Penanggungan dan rumah-rumah kecil di Kabupaten Mojokerto. Selain itu terdapat Bukit Iwak Asin yang menyuguhkan spot foto instagramable pemandangan bukit-bukit dan rerumputan yang megah.

Pada Pos 4 terdapat dua shelter yang bisa digunakan untuk beristirahat. Kalian bisa beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan ke air terjun.

Destinasi Coban Cepung dari Pos 4 bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 35 menit dengan jalan santai. Dari pos ini rute ke air terjun ke arah kanan dari pos dengan jalur naik turun yang dikelilingi dengan pohon bambu.

Sepanjang jalur menuju air terjun terdapat aliran sungai dan suara gemericik air, yang semakin mendorongmu agar segera tiba di destinasi.

Penulis : Khoirotul Lathifiyah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.