Sukses

Menikmati Eksotisme Dua Pulau Kecil di Bawean Gresik

Liputan6.com, Gresik Sebuah pulau di Kabupaten Gresik Jawa Timur menjadi salah satu objek wisata yang memiliki keunikan tersendiri bagi para penikmat wisata alam.

Berada sekitar 12 mil laut atau 120 kilometer sebelah utara Gresik. Pulau Bawean memiliki dua kecamatan, yakni Tambak dan Kecamatan Sangkapura.

Masing-masing kecamatan di pulau tersebut menyimpan keindahan alam yang tak kalah dengan laut Bali maupun Karimun Jawa. Terdapat dua noko, sebutan warga Bawean terhadap pulau pasir di tengah laut.

Dua Noko di Pulau Bawean tersebut yakni Noko Selayar dan Gili Noko. Untuk Noko Selayar menyuguhkan bantaran pasir putih memanjang dengan bentuk kerucut.

Jika dilihat dari atas, pulau kecil ini terlihat seperti pasir yang mengambang di tengah lautan yang jernih. Banyak alternatif titik poin agar bisa berlibur ke pulau ini, namun titik poin yang paling dekat berada di Desa Sungai Rujing Kecamatan Sangkapura.

Terdapat dua alternatif transportasi yang bisa digunakan oleh wisatawan ke Pulau Bawean. Yakni Pesawat Terbang Susi Air dari Bandara Juanda Surabaya dan Kapal dari Pelabuhan Gresik dan Pelabuhan Lamongan.

Jadi pengunjung bisa menyewa kapal nelayan di desa tersebut. Selain bermain pasir dan berswafoto, wisatawan juga bisa menikmati keindahan alam bawah laut dengan melihat terumbu karang dan juga berbagai jenis ikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Noko Gili

Jadi pastikan membawa atau menyewa alat selam terlebih dahulu. Noko Selayar ini sering menjadi tempat berlabuh burung dari perjalanan mereka bermigrasi. Burung tersebut memenuhi pulau Noko Selayar.

Jika beruntung wisatawan yang datang ke tempat ini akan melihat burung beterbangan meninggalkan pulau. Sementara itu, Noko Gili Pulau Gili Noko merupakan pulau tersendiri dari Pulau Bawean.

Untuk menuju ke Noko Gili, wisatawan harus menyewa kapal agar bisa ke dua pulau tersebut. Tepatnya menyebrang di titik poin dermaga di Desa Pamona, Sidogedungbatu Kecamatan Sangkapura.

Noko Gili sendiri merupakan pulau yang berpenghuni, sedangkan Pulau Noko yang berseberangan dengan Gili ini tidak berpenghuni.

Pulau Noko yang identik dengan pasir putih dan pohon-pohon cemara udang ini bisa ditempuh dengan jalan kaki jika air laut sedang surut. Sedangkan jika air laut sedang pasang harus menyewa kapal untuk bermain dan ke pulau kecil ini.

Disini kawasan pulau ini juga wisatawan bisa menikmati indahnya pemandangan bawah laut dengan melihat terumbu karang.

Penulis : Khoirotul Lathifiyah

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS