Sukses

Baru Pulang dari Hongkong, Jumlah Pasien Omicron di Madiun Bertambah 3 Orang

Liputan6.com, Madiun Jumlah pasien terduga Covid-19 varian omicron yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dolopo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, bertambah tiga orang. Jumlah pasien terduga Covid-19 varian omicron di Madiun pun kini berjumlah 4 orang. 

Direktur RSUD Dolopo, dr Purnomo Hadi mengatakan tambahan tiga kasus terduga omicron tersebut, dua di antaranya merupakan hasil pelacakan kontak erat dari pasien positif omicron pertama S, sedangkan satu lainnya merupakan mantan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang baru pulang dari Hongkong.

"Dari tiga pasien terduga, dua di antaranya merupakan hasil pelacakan dari S yang dilakukan oleh dinas kesehatan. Untuk satu pasien lainnya, adalah PMI yang juga pulang dari Hong Kong," ujarnya.​​​​​Menurut dia, dua pasien dari kontak erat S, adalah orang tua dan calon suami S. Mereka merupakan dua dari 18 warga yang memiliki kontak erat dengan S. Pelacakan sendiri dilakukan pada Jumat dan Sabtu pekan lalu.

Dia merinci dua orang yang kontak erat dengan S adalah orangtua dan calon suaminya sendiri. Keduanya pun kini telah menjalani isolasi untuk mengantisipasi penyebarannya Covid-19 varian omicron ini semakin meluas. 

"Hasilnya, dua kasus kontak erat dari S, yakni orang tua S dan calon suami S telah diketahui positif omicron, sedangkan satu terduga omicron lainnya, belum dipastikan karena masih menunggu tes lanjutan ke Provinsi Jawa Timur," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Isolasi Khusus

Ia menjelaskan, para pasien baru kasus Covid-19 varian omicron itu mulai dirawat di rumah sakit setempat pada Sabtu (15/1/2022). Mereka dirawat setelah menjalani tes cepat antigen di Puskesmas sebagai syarat suatu kegiatan hajatan. Karena hasilnya mengarah pada Covid-19 varian baru, maka mereka pun menjalani tes usap Polymerase Chain Reaction (PCR) di RSUD Dolopo.

"Untuk satu kasus terduga omicron yang tersisa, kami telah mengirimkan sampel PCR dari yang bersangkutan ke Laboratorium Unair di Surabaya per hari ini guna memastikan omicron atau bukan. Hal itu mengingat yang bersangkutan merupakan mantan PMI yang baru pulang dari luar negeri," katanya.

Purnomo menambahkan, selain empat pasien itu, pihak rumah sakit setempat juga merawat seorang lain yang terpapar Covid-19 varian Delta. Sehingga secara keseluruhan, RSUD Dolopo sedang merawat lima pasien Covid-19. Satu merupakan varian Delta, tiga pasien varian omicron, dan satu lagi terduga omicron.

Untuk mengantisipasi bertambahnya kasus konfirmasi di wilayah Kabupaten Madiun, RSUD Dolopo saat ini menyediakan 162 tempat tidur.

 

Simak Juga Video Pilihan Berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.