Sukses

Polisi Periksa 9 Saksi dalam Kasus Pria Tendang Sesajen di Gunung Semeru

Sembilan saksi itu terdiri dari lima warga dan empat saksi ahli.

Liputan6.com, Surabaya - Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Timur terus menggenjot pemeriksaan saksi dalam kasus video viral seorang pria menendang sesajen di Gunung Semeru. Sedikitnya 9 saksi telah diperiksa dalam kasus tersebut

Kabid Humas Polda Jawa Timur, Kombes Pol Gatot Repli Handoko mengatakan bahwa penyidik saat ini tengah berupaya melengkapi berkas perkara dengan memeriksa sejumlah sakir. Dia merinci 9 saksi yang telah diperiksa tersebut terdiri dari lima warga setempat dan empat saksi ahli. 

"Penyidik saat ini melakukan pemberkasan. Penyidik sudah melakukan pemeriksaan kepada saksi termasuk saksi ahli," kata Gatot, Senin (17/1/2022). 

Selain itu, lanjut Gatot, penyidik saat ini masih mencari tahu siapa yang merekam pria berinisial HF tersebut hingga videonya saat menendang sesajen viral di jagat maya. Selain perekam, polisi juga mencari tahu siapa yang mengunggah video tersebut ke sosial media.

"Sementara untuk pengunggah video tersebut bisa saja berpotensi tersangka, namun masih dalam proses penyelidikan. Dan saat ini kita fokus ke pelaku HF," ucapnya.

Dari hasil informasi sementara, HF saat itu hanya meminta tolong kepada seorang relawan untuk merekam dirinya menggunakan telepon genggam milik HF. Saat itu HF memang diketahui menjadi salah satu relawan untuk membantu evakuasi warga saat erupsi Gunung Semeru beberapa waktu lalu.

"Dari hasil informasi sementara, tidak kenal karena ia mengambil gambar itu mengakunya hanya minta tolong kepada salah satu relawan yang tidak kenal kepada pengambil gambar," tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadi Tersangka

Sebelumnya aksi HF yang menendang sesajen di Gunung Semeru viral di jagat maya. Aksi salah satu relawan yang membantu evakuasi warga saat erupsi terjadi itu pun menuai pro dan kontra.

Polisi pun belakangan turun tangan menyelidiki kasus tersebut hingga mencari tahu keberadaan HF. Tak butuh waktu lama HF kemudian berhasil ditangkap di Kabupaten Bantul, DIY pada Kamis (13/1/2022). 

Sehari setelahnya, yakni pada Jumat (14/1/2022), usai HF menjalani serangkaian pemeriksaan, pria yang viral karena menendang sesajen itu pun langsung ditetapkan sebagai tersangka. Saat diperiksa, HF mengaku aksinya itu hanyalah spontanitas belaka. 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.